Jakarta, Indonesia | Saturday, 17-11-2018

NEWS UPDATE

Persiapan Perang, Cina Gelar Pasukan Militer Di LCS

RWS | Selasa,27 Mar 2018 - 10:33:46 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist

CityPost – Konflik di Laut Cina Selatan (LCS-red) saat ini tengah membuat China mengambil langkah-langkah antisipasi dalam menjaga timbulnya potensi perang terbuka dari pihak-piihak yang bersengketa memperebutkan kawasan itu.

Saat ini pasukan tentara Cina dikabarkan tengah menggelar latihan militer di perairan Laut Cina Selatan (LCS) yang bertujuan sebagai bentuk persiapan perang. Latihan melibatkan angkatan udara Cina engan melintasi laut pasifik bagian barat hingga melewati sebuah pulau di Selatan Jepang.

“latihan angkatan udara dilakukan sebagai bagian dari gladi resik potensi perang dimasa depan dan persiapan pertempuran terbuka,” ungkap pemerintah Cina pada Minggu (25/3) lalu.

Pernyataan lainnya menyebutkan bahwa pasukan angkatan udara telah dikerahkan bersama pesawat bomber mereka jenis H-6K dan jet tempur Su-30 dan Su-35. Disebutkan juga militer akan melakukan latihan patroli pertempuran diatas perairan Laut Cina Selatan.

“Latihan juga akan dilakukan dikawasan udara pasifik barat melewati selat Miyako yang terletak diantara dua pulau di Jepang Selatan,” ungkap pernyataan tersebut.

Kendati demikian, pernyataan itu tidak menjelaskan secara detai terkait wilayah mana di Laut Cina Selatan yang akan digunakan untuk menggelar latihan militer.

Pemerintah Cina sendiri mengatakan latihan tersebut tidaklah ditujukan sebagai bentuk ancaman kepada pihak manapun. Hal itu dilakukan untuk memperkuat posisi Cina.

Namun, upaya latihan militer yang dilakukan di perairan konflik tersebut kabarnya tengah membuat geram pihak Amerika Serikat dan Taiwan. (RWS/ist)

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar