Jakarta, Indonesia | Monday, 20-08-2018

NEWS UPDATE

Pesta Makan 18.818 Pempek Palembang Pecahkan Rekor MURI

GRY | Kamis,09 Agus 2018 - 15:53:58 WIB

Sebanyak 18.818 Pempek Ber-SNI Tersaji di Palembang, Rabu (8/8/18) dan berhasil pecahkan Rekor MURI.foto.ist

Palembang, CityPost - Wisatawan dan warga Palembang meramaikan Benteng Kuto Besak (BKB). Ada pesta makan 18.818 pempek ikan gratis dan memecahkan Rekor MURI jelang Asian Games 2018. Ribuan warga dan wisatawan mulai anak-anak hingga orang dewasa terlihat sudah memadati Plaza sejak siang hari. Mereka terlihat antusias untuk bersama-sama menikmati Pempek sebagai salah satu makanan khas di Palembang.

Rekor MURI didapatkan Pemkot Palembang dan Pemprov Sumatera Selatan karena menjadi penyajian pempek terbanyak. Sehingga Rekor MURI pempek ini diharapkan dapat menjadi jalan bagi Palembang dalammempromosikannya saat Asian Gamea mendatang.

"Hari ini kita melaksanakan pemecahan rekor MURI penyajian pempek ikanyang terbanyak, yakni 18.818 buah dibagikan secara gratis. Mudah-mudahan rekor ini dapat mempromosikan produk pempek olahan ikan ber-SNI jelang Asian Games," terang Pjs Walikota Palembang, Ahmad Najib, Rabu (8/8/18).

Najib berharap pemecahan Rekor MURI ini dapat menjadi ajang promosi saat Asian Games digelar. Apalagi pemecahan Rekor MURI juga disertasi standar dan terbebas dari zat berbahaya dan bahan pengawet. Termasuk salah satunya meningkatkan minta masyarakat untuk mengkonsumsi makanan berbahan baku ikan. Dimana ikan memiliki protein yang banyak dan sangat baik bagi pertumbuhan.

"Saya yakin dan optimis rekor Musi kali ini dapat mendorong minat makan ikan di kalangan masyarakat. Apalagi telah menjafi makanan khas
Kita Palembang dan nanti saat Asian Games akan saya kenalkan kepada 45
peserta yang hadir," kata Najib.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan, saat ini pempek yang keluar dari Palembang mencapai 7 ton perhari. Jumlah ini dipastikan terus bertambah jika makanan khas berbahan baku ikan tenggiri ini terus dipromosikan.

"Sekarang ini saja sudah mencapai 7 ton perhari pempek ikan keluar dari sini dan sampai ke luar negeri. Apalagi kalau kita promosikan terus, pasti luar biasa," ujarnya.

Untuk itu, dengan terpilihnya Palembang menjadi salah satu tuan rumah Asian Games sudah menjadi tujuan Alex membangkitkan ekonomi masyarakat di Bumi Sriwijaya terutama untuk pempek yang saat ini telah dikenal dunia.

Sementara Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan pempek ber-SNI ini bisa menjadi modal dasar pemerintah mengembangkan Pempek berstandard pangan dunia.

"Paket pempek 7 ton perhari yang keluar Palembang itu adalah luar biasa. Saat ini top 5 kuliner di Indonesia yang mendunia adalah rendang, soto, nasi goreng, gado-gado, dan tempe. Semoga Pempek bisa menjadi nomor 6 kuliner Indonesia yang mendunia," tuturnya.

Arief menambahkan, Palembang memiliki dua potensi yang dapat mendunia yaitu pempek dan songket. Arief berharap, keduanya bisa menjadi potensi yang mampu mendorong Palembang makin dikenal dunia dan wisatawan tertarik mengunjungi Palembang. (GRY/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar