Jakarta, Indonesia | Tuesday, 25-09-2018

NEWS UPDATE

PLN Siapkan Infrastruktur Kelistrikan Untuk KEK Mandalika

AL | Jumat,29 Sept 2017 - 16:49:55 WIB

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Resort, Lombok Tengah NTB.foto.ist

Lombok Tengah, CityPost - PT PLN (Persero) tengah mempersiapkan penyediaan infrastruktur kelistrikan untuk mendukung keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB)

Manajer Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Wilayah NTB, Andy Adchaminoerdin mengungkapkan, pihak PLN sudah membahas kebutuhan listrik untuk KEK Mandalika bersama sebuah badan usaha milik negara PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang mengelola kawasan wisata tersebut.

"Prediksi kami, kebutuhan listrik di sekitar KEK Mandalika itu baru sebesar 65 MW pada 2025 dan akan mencapai 111 MW pada 2030," ujarnya di Hotel DMax, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (29/9/17) saat menjadi pembicara pada acara temu stakeholder bertajuk 'Peningkatan Amenitas Pariwisata di Kawasan Mandalika' yang digelar Kementerian Pariwisata.

Andy menjelaskan, embangunan kelistrikan untuk mendukung KEK Mandalika tersebut akan dilakukan secara bertahap. Untuk tahap awal, PLN telah membangun gardu induk berkapasitas 30 Megavolt Ampere (MVA) di daerah Kuta, Lombok Tengah yang akan digunakan untuk mendistribusikan listrik ke sekitar kawasan Mandalika.

"Sudah ada beberapa hotel yang menggunakan gardu induk tersebut, namun belum maksimal, hanya sekitar 21,73 persen dari kapasitas yang ada," imbuhnya.

PLN juga akan menambah kapasitas Gardu Induk Kuta sebesar 60 MVA jika kapasitas gardu induk yang ada telah digunakan secara maksimal. Untuk pasokan daya, Andy memastikan PLN telah mempersiapkannya secara matang. 

"Saat ini sistem kelistrikan Lombok memiliki kapasitas pembangkit sebesar 294 Megawatt (MW), dengan beban puncak sebesar 225 MW. Ada cadangan daya sebesar 69 MW. Untuk tahap awal saya rasa cukup. Beberapa tahun ke depan juga kita akan tambah pembangkit baru," tuturnya.

Andy menambahkan, pada 2019 nanti, sistem kelistrikan Lombok akan mendapat tambahan daya sebesar 150 MW dari Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Lombok Peaker.

"PLN ada cadangan daya sebesar 69 MW ditambah 150 MW dari Lombok Peaker, total 219 MW. Jadi tidak perlu khawatir masalah daya listrik untuk Mandalika. Karena kami sudah siap mendukung seluruh investasi di NTB," pungkasnya. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar