Jakarta, Indonesia | Sunday, 24-06-2018

NEWS UPDATE

Polri Antisipasi Maraknya Kartel Jelang Akhir Tahun

AL | Senin,11 Des 2017 - 18:33:45 WIB

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.foto.ist

Jakarta, CityPost - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan, pihaknya terus mengantisipasi adanya kartel yang melakukan permainan pada stok bahan pangan menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

"Pelaku kartel kerap melakukan penimbunan dan permainan harga. Sehingga, alur distribusi pangan menjadi terhambat. Hal ini berimbas pada inflasi dimana masyarakat pun menjadi korban," katanya di Markas Besar Polri, Jakarta, Senin (11/12/17).

Tito mengakui, penyelenggaraan hari raya Natal dan tahun baru akan menimbulkan permintaan meningkat pada stok bahan pangan yang dapat dimanfaatkan baik oleh para pelaku usaha untuk mengambil keuntungan. 

Namun, disisi lain Tito melihat peningkatan permintaan ini juga menjadi kesempatan bagi para pelaku kartel mafia ini juga untuk mendapat keuntungan, tapi mengorbankan masyarakat. Untuk itulah, Satuan Petugas (Satgas) Pangan Polri akan mendampingi Bulog dalam melakukan operasi pasar untuk mengantisipasi penimbunan barang dan terus memantau dinamika harga di pasar. 

"Ketika terjadi kenaikan langsung dicari letak masalahnya dimana dan dilakukan penyelesaian agar harganya segera diturunkan," ujar Tito.

Bahkan Tito mengingatkan para kartel agar tidak mengganggu alur distribusi tersebut. 

"Hati-hati! Kami mengawasi," tegasnya.

Tito menambahkan, berdasarkan koordinasi yang Polri lakukan dengan sejumlah instansi terkait, sejauh ini stok bahan pangan masih cukup untuk kebutuhan Natal dan Tahun Baru.

"Suplai cukup distribusi karena distribusi kami amankan, karena telah sepakat menjaga stabilitas harga agar pemerintah tidak perlu keluar subsidi," pungkasnya. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar