Jakarta, Indonesia | Wednesday, 25-04-2018

NEWS UPDATE

Presiden dan Menhub Bahas Pembangunan Pelabuhan Subang

AL | Senin,16 Apr 2018 - 17:08:55 WIB

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi.foto.ist

Jakarta, CityPost - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadidatabg ke Istana Kepresidenan, Senin (16/4/18) hari ini. Ia mengaku dipanggil oleh Presiden Joko Widodo untuk membicarakan proyek pembangunan Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat," katanya.

Budi menjelaskan, saat ini proyek tersebut masih dalam tahap penilaian akhir tender, dan diharapkan selesai dalam satu dua minggu ini sehingga pembangunannya bisa dimulai pada Mei atau paling lambat Juni 2018.

"Target selesai pembangunan pada 2019 sebagian dan sebagiannya lagi 2020," ujarnya.

Budi juga menyebutkan dua konsorsium yang masuk final tender untuk kontraktor pembangunan pelabuhan ini.

"Dari dalam negeri ada Wika (Pt Wijaya Karya), PP (PT Pembangunan Perumahan) dan Adhi (PT Adhi Karya). Mereka sendiri-sendiri join dengan Jepang, salah satunya dengan Penta Ocean," katanya.

Sebagimana diketahui, Pelabuhan Patimban telah ditetapakan pemerintah sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional yang tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 58 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 3 tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Biaya pembangunan proyek ini berasal dari  pinjaman Badan Kerja Sama Internasional Jepang (JICA) sebesar USD 1,03 miliar dan dari dalam negeri antara lain untuk pengadaan lahan sekitar Rp 500 miliar, sedangkan anggaran untuk pengadaan peralatan, pengoperasian dan pemeliharaan akan menjadi porsi operator pelabuhan. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar