Jakarta, Indonesia | Friday, 14-12-2018

NEWS UPDATE

Puluhan Orang Tewas Usai Suhu Panas Melanda Korsel

RWS | Jumat,10 Agus 2018 - 06:39:47 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist

CityPost – Gelombang panas yang terjadi di Korea Selatan hingga mencapai 35 derajat celcius dikabarkan tengah menewaskan sebanyak 42 orang. Angka kematian akibat suhu panas ini disebut sebagai yang tertinggi sejak peristiwa yang sama pada 2011 lalu.

Kabarnya suhu panas yang melanda Korea Selatan baru kembali terjadi sejak 100 tahun lalu. Disampaikan lebih dari 3.400 orang dirawat karena terpapar gelombang panas yang rata-rata membuat korban strok dengan pembuluh darah yang pecah akibat tersengat suhu panas itu yang terjadi sejak Mei lalu.

Sementara itu, pada minggu lalu. Suhu di Seoul mencapai 39,6 celcius. Level tersebut merupakan suhu terpanas yang pernah ada  dan dirasakan oleh Korea Selatan sejak seratus tahun lalu. Seperti yang dilansir melalui The Guardian.

Saat ini gelombang panas Korsel telah menyebabkan kerusakan pada tanaman hingga berpotensi memicu kekurangan pangan , khususnya untuk mereka yang tinggal di negara bagianyang dekat dengan perbatasan Korea Utara.

Melansir himpunan data The Guardian, mayoritas warga meninggal dunia karena terpapar suhu panas merupakan orangtua dan warga miskin yang tidak memiliki pendingin ruangan atau AC dirumah mereka.

Kabarlainnya yang masuk dan menjadi laporan The Guardian adalah terkait meninggalnya lima orang usai bekerja diluar rumah, termasuk seorang pria berusia 30 tahunan dan seorang pekerja migran dari Vietnam berusia 50 tahun karena terpapar gelombang panas yang menyengat.

Menanggapi hal itu, pemerintah Korea Selatan akan merevisi Undang-Undang negara dan menjadikan gelombang panas sebagai bencana alam. Upaya tersebut dilakukan agar nantinya semua korban meninggal dunia akibat suhu panas bisa mendapatkan kompensasi. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar