Jakarta, Indonesia | Saturday, 17-11-2018

NEWS UPDATE

Puluhan WNI di London Hadiri Sosialisasi KMILN

AL | Jumat,03 Nov 2017 - 13:56:02 WIB

Sosialisasi Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN).foto.ist

London, CityPost - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London mengelar acara sosialisasi Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN) kepada warga Indonesia yang menetap di Inggris pada Selasa (31/10/17) malam waktu setempat.

Sekretaris II Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI London, Anisa Farida pada Kamis (2/11) mengatakan sosialisasi KMILN itu dihadiri sekitar 50 warga Indonesia yang datang dari berbagai kota di Inggris seperti London, Oxford, Cambridge dan dari Wales.

"Sosialisasi digelar karena selama ini banyak pertanyaan mengenai manfaat dan kegunaan kartu yang berbeda dengan KTP yang dimiliki masyarakat di Tanah Air," katanya.

Menurut Anisa, peserta pada umumnya menyambut positif diluncurkannya Kartu Warga Negara Indonesia di Luar Negeri dengan harapan dapat memfasilitasi perantau Indonesia yang ingin memberikan sumbangsih/berkontribusi kepada Tanah Air.

"Dalam acara sosialisasi ini banyak pertanyaan yang muncul seputar KMILN," imbuhnya.

Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI London, Gulfan Afero mengungkapkan, ini adalah sosialisasi KMILN perdana di London. 

"Rencananya, tahun 2018 akan diselenggarakan sosialisasi KMILN di berbagai kota di Inggris dan Irlandia yang menjadi kantong WNI," tuturnya.

Menurut Gulfan kepemilikan KMILN sebenarnya tidak wajib, jadi bagi masyarakat Indonesia yang ada di Inggris bisa menentukan apakah perlu membuat atau belum perlu. 

"Manfaatnya pastinya ada khususnya bagi WNI di luar negeri sebagai pengganti KTP yang dapat digunakan untuk membeli properti, membuka rekening bank dan membuka usaha di Indonesia, untuk WNA masih dalam proses pembahasan," ujarnya.

Kartu MILN berbentuk digital, dapat dicetak sendiri setelah mendaftar dan berlaku selama dua tahun.

Saat ini kementerian/lembaga di Indonesia masih melakukan pembahasan internal fasilitas apa saja yang bisa diberikan kepada masyarakat diaspora Indonesia di luar negeri. Misalnya untuk membuka rekening, Bank Mandiri sudah menyampaikan kesediaan menerima pendaftaran pembukaan rekening dengan Kartu MILN itu. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar