Jakarta, Indonesia | Monday, 20-08-2018

NEWS UPDATE

Racun Novichok Buat AS Terapkan Sanksi Untuk Rusia

RWS | Jumat,10 Agus 2018 - 06:37:41 WIB

Jubir deplu AS Heather Nauert/foto ist

CityPost – Upaya pembunuhan mantan agen mata-mata Rusia Sergei Skripal dan putrinya Yulia dengan menggunakan racun gas saraf yang disebut Novichok di Salisbury, Inggris, saat ini terus menjadi perhatian dan direspon pihak London dan Washington.

Kabar terbaru, menyikapi kasus novichok tersebut, pihak Amerika Serikat lantas menjatuhkan sejumlah sanksi untuk Rusia usai Rusia disebut bertanggungjawab atas peristiwa tersebut.

Melalui Departemen Luar Negeri Amerika Serikat disebutkan Rusia telah melanggar peraturan internasional usai menggunakan racun gas saraf atas warganya sendiri.

Sejumlah sanksi yang diterapkan AS terhadap Rusia, kabarnya mulai diberlakukan pada 22 Agustus 2018 mendatang, sanksi yang diberikan terkait dengan larangan ekspor barang atau bahan yang bisa memicu keamanan nasional seperti barang-barang elektronik.

Melansir keterangan pejabat senior Deplu AS, Rusia akan dikenakan sanksi yang lebih berat dalam waktu 90 hari jika tidak menyampaikan pernyataan yang bisa dipercaya bahwa pihaknya tidak lagi menggunakan senjata kimia atau biologi.

“Pemerintah Federasi Rusia telah menggunakan senjata kimia atau biologi yang melanggar hukum internasional,” tegas jubir departemen luar negeri AS Heather Nauert melalui pernyataan resminya.

Sanksi AS tersebut disambut baik oleh pihak Inggris, melalui Kementerian Luar Negeri Inggris, mereka memberikan apresiasi dan meminta tindakan sembrono tidak bisa dibiarkan.

“Rangkaian reaksi internasional atas penggunaan senjata kimia dijalan-jalan, dikota Salisbury mengirim pesan yang kuat kepada Rusia, bahwa tindakan provokatif dan sembrono tidak akan dibiarkan berlalu begitu saja,” terang pihak Kementerian Luar Negeri Inggris.

Hingga kini pihak Rusia sendiri belum merespon atau menanggapi sanksi-sanksi yang dijatuhkan Amerika Serikat kepada Moskow. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar