Jakarta, Indonesia | Friday, 14-12-2018

NEWS UPDATE

Rayakan HUT, Korea Bakal Gelar Parade Militer

RWS | Senin,03 Sept 2018 - 09:56:33 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist

CityPost – Menyambut perayaan Hati Ulang Tahun pendirian Korea Utara, kabarnya negara tersebut bakal menggelar parade militer pada bulan ini. Hal itu terlihat dari pantauan citra satelit yang menunjukkan Pyongyang tengah siap berparade.

Kendati demikian, sejumlah analis masih meragukan apakah negara itu akan memamerkan rudal balistik terbesar yang dimilikinya atau tidak, pasalnya rencana parade militer itu mencuat ditengah kekhawatiran terhentinya program denuklirisasi.

Melansir laporan reuters pada Sabtu (1/9) lalu, sebuah pantauan citra satelit komersial yang dikumpulkan oleh Planet Labs Inc, analis tersebut mengatakan pawai militer ini kemungkinan akan mirip dengan yang pernah ditampilkan pada 8 Februari lalu. Kendati demikian, sejauh ini belum ditunjukkan adanya tanda-tanda kontoversial misil balistik antarbenua (ICBM) yang selama ini digaungkan.

Dari citra satelit dikabarkan, tim memantau di Middlebury dan mendapatkan 22 gambar yang diambil pada Agustus lalu di Lapangan Pelatihan Parade Mirim Korea Utara. Dalam gambar tersebut tertangkap ada Tank, Self Propelled, Artilery, Kapal Infantro, rudal anti pesawat dan peluncur roket. Selain itu ada juga rudal penjelajah pertahanan pesisir dan enam balistik jarak pendek berbahan bakar padat.

Menurut analis, rudal balistik jarak pendek itu didasarkan pada rudal Iskander Rusia. Saat ini ada berbagai fitur rudal Korea Selatan salah satunya seperti Hyunmoo 2.

“Sebanyak 90 kendaraan pertama identik,” teranf Direktur Program Nonproliferasi Asia Timur Institute Studi Internasional Middlebury California, Jeffrey Lewis.

Lewis mengatakan saat pawai Februari lalu ada banyak rudal yang dipamerkan, termasuk rudal balistik jenis ICBM yang ditengarai sebagai rudal antar benua.

Senada dengan Lewis, analis lainnya, Joseph Bemudez mengatakan melalui situs Stimson Centre 39 North juga menyampaikan pihaknya tidak menemukan adanya tanda-tanda ICBM.

“Jika ICBM atau rudal besar lainnya hadir, senjata itu kemungkinan akan tetap tersembunyi diarea penyimpanan alat berat sampai hari pawai,” terang Bermudez. (RWS/ist)

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar