Jakarta, Indonesia | Friday, 17-08-2018

NEWS UPDATE

Reklamasi Teluk Jakarta Bisa Perbaiki Ekosistem

Redaksi CityPost | Rabu,18 Jan 2017 - 20:26:23 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Jakarta, CityPost - Pakar Kelompok Keahlian Teknik Sumber Daya Air, Fakultas Teknik sipil dan Lingkungan Institut Teknologi Bandung, Hernawan Mahfudz, berpendapat bahwa Proyek Reklamasi Teluk Jakarta jika diteruskan justru akan memperbaiki ekosistem wilayah tersebut yang kini sudah sangat rusak.

"Yang diperlukan sekarang tinggal edukasi kepada pihak yang masih belum memahami," kata Hernawan di Jakarta, Rabu (18/1/17).

Menurut Hernawan, reklamasi menjadi salah satu opsi yang paling masuk akal untuk revitalisasi Teluk Jakarta sebagai salah satu kawasan vital di Jakarta dan Indonesia.

"Konsep reklamasi di Jakarta harus bersamaan dengan revitalisasi. Jadi, khusus untuk Teluk Jakarta tidak bisa dipisahkan antara reklamasi dan revitalisasi," ujarnya.

Selain itu reklamasi juga menjadi pilihan untuk mengembalikan kondisi lingkungan Teluk Jakarta di tengah keterbatasan dana pemerintah.

"Dulu konsep reklamasinya dimulai dari garis pantai. Namun, dengan beberapa masukan dari sejumlah kajian disimpulkan bahwa yang terbaik adalah dengan jarak tertentu dari pantai sehingga pantai eksisting masih berfungsi, tapi perlu direvitalisasi, " pungkasnya. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar