Jakarta, Indonesia | Thursday, 18-10-2018

NEWS UPDATE

RSU UMM Kirim Sukarelawan Tenaga Kesehatan ke Donggala

AL | Jumat,12 Okt 2018 - 20:29:53 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Malang, CityPost - Rumah Sakit Umum (RSU) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengirimkan empat surkarelawan tenaga kesehatan yang terdiri dari satu orang dokter dan tiga perawat untuk membantu korban bencana gempa di Donggala, Sulawesi Tengah. Kabid Humas dan Kemitraan RSU UMM, Viva Maiga Mahliafa Noor mengatakan, keempat tenaga kesehatan tersebut memulai tugasnya di Donggala sejak Selasa (9/10/18) hingga dua pekan ke depan.

"Hanya saja, kondisinya akan disesuaikan dengan kebutuhan di daerah tersebut (Donggala). Jika selama dua pekan dirasa masih kurang, kami akan menarik relawan yang ada di sana dan mengirim relawan yang lain karena kami juga perlu menyesuaikan pekerjaan yang ada di sini," ujarnya sebagaimana dilaporkan Antara.

Menurut Viva. RSU UMM memang selalu mengirimkan sukarelawan ketika ada bencana, sejalan dengan visi dari Rumah Sakit Islam yang menjunjung visi kemanusiaan, sehingga, dalam penanganan bencana ini, para relawan tidak mempertimbangkan imbalan sama sekali. 

"Asal para korban bisa ditangani dan diobati, mereka lega," katanya.

Viva menambahkan, selain mengobati dan merawat korban yang terluka, para sukarelawan tenaga medis ini juga membantu menangani gangguan psikis para korban gempa dan tsunami agar mereka bisa tetap semangat dan survive. Pemberangkatan sukarelawan ini berada di bawah pengawasan Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Keempat relawan dari RSU UMM yang diberangkatkan ke Donggala tersebut adalah dr Ki Ageng Nico Prasetyo Nugroho (dokter IGD), Nur Aini (perawat pelaksana), Sandy Dewanto, (perawat pelaksana), dan Imam Fitrianto (perawat pelaksana).

Viva memastikan sukarelawan yang diberangkatkan sudah terlatih dalam menangani korban bencana. Sebelumnya, mereka juga telah mengikuti pelatihan dan pembinaan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), sehingga mereka sudah terlatih dalam menangani korban bencana.

Selain dari RSU UMM, Rumah Sakit Ahmad Dahlan Kediri juga mengirimkan empat relawan yang terdiri dari satu dokter dan tiga perawat untuk menangani korban gempa bumi di Donggala. (red/ist)



Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar