Jakarta, Indonesia | Sunday, 16-12-2018

NEWS UPDATE

Rusia Ancam Ciptakan Nuklir Jika AS Mundur Dari INF

RWS | Kamis,06 Des 2018 - 13:20:43 WIB

Presiden Rusia, Vladimir Putin/ Foto ist

CityPost – Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan bahwa saat ini Rusia akan memulai mengembangkan senjata nuklir atau misil nuklir jarak menengah. Hal itu akan dilakukan jika nantinya Amerika Serikat benar-benar mundur dari perjanjian  INF.

Rusia juga menekankan bakal mulai membangun senjata nuklir mereka. Hal itu disampaikan Putin kepada kantor-kantor berita, termasuk Associated Press. Dia menegaskan bahwa penarikan diri AS dari INF berarti Washington memutuskan untuk memiliki senjata nuklir, dengan demikian Rusia akan melakukan hal yang sama.

Sementara itu, melansir keterangan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, disebutkan bahwa, Amerika Serikat akan memulai proses penarikan diri dari INF selama enam bulan kedepan dan dalam waktu enam puluh hari jika Rusia tidak mematuhi perjanjian INF. Pompeo menyampaikan hal itu dihadapan menteri-menteri NATO saat berada di Brussels pada Selasa lalu.

Pompeo sendiri menuding Rusia mengerahkan batalion SSC-8, misil penjelajah jarak menengah yang berbasis didarat dan bisa membawa hulu ledak nuklir. Rusia kembali membantah tuduhan serius itu.

“Tidak masuk akal bila AS harus bertahan dalam kesepakatan yang membatasi kemampuannya untuk merespon pelanggaran Rusia. Rusia telah membalik arah upaya dunia dalam menghapus resiko nuklir di Eropa,” tegas Pompeo dihadapan awak media. (RWS/ist)

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar