Jakarta, Indonesia | Friday, 16-11-2018

NEWS UPDATE

Rusia Ingin Bangun PLTN di Indonesia

AL | Rabu,23 Agus 2017 - 18:47:31 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Jakarta, CityPost - Rusia mengungkapkan keinginannya untuk berinvestasi dengan membangun pembangkit listrik tenaga nuklir di Indonesia untuk memastikan pemerataan pasokan energi di negara dengan elektrifikasi yang baru mencapai 89,5 persen.

"Kami berpendapat bahwa kebutuhan listrik di Indonesia tidak akan dapat terpenuhi hanya dengan cara konvensional, oleh karena itulah kami menawarkan pembangkit listrik tenaga nuklir. Tapi, tawaran ini akan bergantung sepenuhnya pada keputusan politik pemerintah Indonesia ," kata Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhail Galuzin di Jakarta, Rabu (23/8/17)

Galuzin menceritakan bahwa Moskow sudah memiliki banyak pengalaman dalam membangun PLTN di berbagai negara dunia. 
Tahun lalu perusahaan milik negara Rusia mulai membantu pembangunan PLTN senilai USD 10 milyar AS di Iran. Negara lainnya juga sudah bekerja sama dengan Rusia untuk listrik tenaga nuklir di antaranya adalah Nigeria, Yordania, dan India.

Pada Mei 2017, perusahaan milik Rusia, Rosatom State Atomic Energy, juga sempat menawarkan proposal serupa kepada Indonesia melalui Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Pandjaitan.  Mereka sudah mengusulkan beberapa tempat pembangunan PLTN, dengan kapasitan lebih dari 1.000 MegaWatt, yang dinilai bebas dari bencana gempa, di antaranya Pulau Bangka dan Kalimantan Timur.

Namun saat itu Luhut mengatakan, Indonesia belum siap dan masih harus meningkatkan kesadaran publik terlebih dahulu terkait listrik bertenaga nuklir. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar