Jakarta, Indonesia | Wednesday, 17-10-2018

NEWS UPDATE

RUU Legalisasi Aborsi Di Argentina Jadi Polemik

RWS | Sabtu,16 Jun 2018 - 04:29:26 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist

CityPost – Sejumlah legislator di Argentina saat ini tengah berjibaku dengan perdebatan terkait pembahasan Rancangan Undang-Undang yang akan melegalisasi aborsi dalam 14 minggu pertama diusia kehamilan. Hal itu saat ini dikabarnya tengah menjadi polemik dan perdebatan hingga memicu protes dari kelompok penentang.

Diketahui, aborsi itu sendiri diizinkan dinegara yang mayoritas penduduknya beragama Katolik hanya dalam kasus pemerkosaan atau jika kehamilan itu sendiri bisa mengancam nyawa ibu sang bayi.

RUU Legalisasi abrosi saat ini ditentang oleh sejumlah besar massa di Argentina. Mereka melakukan aksi unjuk rasa, baik yang mendukung maupun menentang semua menyuarakan aspirasi mereka melalui aksi demonstrasi yang dilakukan di luar gedung parlemen di Buenos Aires pada Rabu (13/6) lalu.

Para penentang tersebut datang dari Gereja Katolik yang hingga kini terus melakukan lobi untuk menentang rancangan undnag-undang tersebut. Sementara itu, dari kelompok pendukung mengatakan legislasi tersebut diperlukan untuk mencegah kematian perempuan yang berupaya melakukan aborsi ilegal.

Sementara itu, menanggapi polemik aborsi yang kini memicu pro dan kontra, Presiden Argentina Mauricio Macri tengah mengatakan secara terbuka dia menentang upaya aborsi. Kendati demikian, dia tidak akan memveto jika pihak parlemen akan meloloskan undang-undang tersebut. (RWS/ist)

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar