Jakarta, Indonesia | Tuesday, 22-01-2019

NEWS UPDATE

Sebanyak 1.673 Prajurit ikut upacara HUT Ke-73 TNI

AL | Jumat,05 Okt 2018 - 13:43:05 WIB

Upacara peringatan HUT Ke-73 TNI di Lapangan Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jum`at (5/10/18).foto.ist

Jakarta, CityPost - Sebanyak 1.673 prajurit TNI mengikuti upacara peringatan HUT Ke-73 TNI di Lapangan Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jum`at (5/10/18). Upacara ini yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo, didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna dan Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman. Sedangkan Kasad Jenderal TNI Mulyono memimpin HUT TNI di Merauke, Papua.

Komandan peringatan HUT Ke-73 TNI di Jakarta adalah Kolonel Pnb Yoyos Kuscahyono yang sehari-harinya menjabat sebagai Asops Kosekhanud II. Pengucap Sapta Marga adalah Lettu Inf MZ Firmansyah ( Dan Unit 1/1/3 Yon 12 Grup 1 Kopassus) dan sebagai cadangan Lettu Laut (S) Agung Yustian yang kesehariannya menjabat Askadep Minlog KRI Sutanto-337 Satkor Koarmada 1, dan Lettu Pnb Dimas Aryan Nalendra yang menjabat Perwira Penerbang Golongan VIII Skuadron Udara 17 Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Perwakilan penerima tanda kehormatan kali ini adalah Kolonel Cpl Herry Keswanto (Bintang Eka Paksi Nararya) yang menjabat Komandan Pusdik Pal Kodiklat TNI AD, Kapten Mar Sunardi (Bintang Jalasena Nararya) jabatan Kasi UDK Kima Brigif 1 Pasmar Jakarta dan Peltu Argo Budi Prasetyo (Bintang Swa Buana Paksa) jabatan Bintara Adminku Progar Spersau. 

Personil TNI yang berjumlah 1.673 itu terdiri dari Batalyon Upacara 1 Perwira Gabungan, yaitu 1 Kompi Upacara Pamen, 1 Kompi Upacara Pama, 1 Kompi Upacara Wanita TNI, 1 Batalyon Upacara TNI AD, 1 Batalyon Upacara TNI AL, 1 Batalyon Upacara TNI AU, 1 Kompi Upacara PNS TNI dan Satsik Type `A` Gabungan TNI.

Komposisi pasukan parade terdiri dari kelompok panji-panji TNI dan Angkatan, Batalyon Upacara Pasukan Tidak Bersenjata yang terdiri dari (Kompi Upacara Pamen/Pama, Kompi Upacara Wan TNI, Kompi Upacara PNS), Batalyon Upacara Pasukan Bersenjata: 1 Batalyon TNI AD (1 Kompi Upacara Kopassus, 1 Kompi Upacara Kostrad; 1 Batalyon TNI AL (1 Kompi Upacara Marinir, 2 Kompi Upacara Pelaut); 1 Batalyon TNI AU (1 Kompi Paskhas, 1 Kompi Crew TNI AU), dan Satsik Type `A` Gabungan TNI.

Sedangkan alutsista yang dijadikan background upacara pada kali ini adalah 2 pucuk Meriam Armed Caesar 155 GS, 2 Unit Leopard, 2 Unit Anoa SM 2 dan 2 Unit Anoa 6x6 dari satuan TNI AD, 2 pucuk BTR 4, 2 pucuk RM 70 Grad, 2 pucuk BMP3F dari satuan Marinir, Penangkis serangan udara Oerlikon Skyshield dari satuan TNI AU.

Peringatan HUT TNI Ke-73 mengusung tema `Profesionalisme TNI Untuk Rakyat` yang maknanya adalah prajurit TNI yang berbasis kompetensi, prajurit TNI yang harus kuat, handal dan semua tugas serta kewajibannya di dharma baktikab untuk rakyat, yang senantiasa dipagari oleh doktrin Sapta Marga dan Sumpah Prajurit yang merupakan nafas bagi semua prajurit berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar