Jakarta, Indonesia | Saturday, 20-10-2018

NEWS UPDATE

Semarang Akan Bangun Bridge Fountain Pertama di Indonesia

GRY | Senin,07 Mei 2018 - 15:44:15 WIB

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.foto.ist

Semarang, CityPost - Sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Jawa Tengah, Kota Semarang terus menggenjot pembangunan infrastruktur pariwisata, salah satunya dengan membangun jembatan air mancur atau bridge fountain yang pertama di Indonesia.

Sejumlah bridge fountain di kota-kota di dunia selama ini telah menjadi magnet untuk menarik wisatawan. Salah satunya Banpo Bridge Fountain di Korea Selatan, pertunjukan Moonlight Rainbow Fountain atau air mancur pelangi cahaya bulan yang selalu diburu oleh para wisatawan saat berkunjung ke Seoul. Pertunjukan air mancur di jembatan yang melintasi Sungai Han tersebut juga tercatat dalam Guiness World Record sebagai pertunjukan air mancur jembatan terpanjang di dunia.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, pembangunan atraksi jembatan air mancur warna-warni di kotanya akan terealisasi tahun ini. Wahana yang dibangun di jembatan Banjir Kanal Barat itu akan menjadi yang pertama di Indonesia. 

"Jembatan air mancur di Banjir Kanal Barat targetnya selesai bulan November 2018," ujarnya di Semarang.

Hendrar menuturkan, proyek yang menjadi bagian dari program peningkatan pariwisata Kota Semarang itu diperkirakan menelan anggaran senilai Rp 17 miliar. Sebelum proyek itu, kota Semarang juga mengerjakan proyek air mancur menari di Taman Indonesia Kaya Kota Semarang, yang ditargetkan selesai bulan Mei. Progres engerjaan fisik air mancur menari di Taman Indonesia Kaya yang menal anggaran
Rp 3,8 miliar itu kini sudah mencapai 25 persen. Sedangkan untuk pengerjaan jembatan air mancur di Banjir Kanal Barat, saat ini sedang dalam persiapan lelang. 

"Kalau untuk DED (detail engineering design) sudah selesai, saat ini sedang dalam proses lelang, dan pengerjaan memakan waktu sekitar enam bulan," katanya.

Hendrar optimistis dengan adanya destinasi wisata baru itu, jumlah wisatawan yang datang ke Kota Semarang akan meningkat. Pada tahun 2011, hanya ada 2,1 juta wisatawan per tahun yang datang ke Kota Semarang. Lalu pada tahun 2017 jumlahnya meningkat sampai 5,8 juta wisatawan per tahun.

"Maka dengan pengerjaan dua objek wisata baru di tahun 2018 ini, saya rasa pada 2019 nanti jumlah wisatawan yang datang ke Kota Semarang setiap tahunnya bisa didorong sampai ke lebih dari tujuh juta kunjungan," katanya (GRY/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar