Jakarta, Indonesia | Saturday, 18-08-2018

NEWS UPDATE

Sidang Isbat Idul Fitri 2018 Akan Digelar Sore

RWS | Kamis,14 Jun 2018 - 18:21:51 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist

Jakarta, CityPost – Pemerintah melalui Kementerian Agama sore ini dikabarkan akan menggelar sidang Isbat untuk menentukan awal 1 syawal 1439 Hijriyah yang juga menandakan berakhirnya puasa Ramadhan dan dimulainya perayaan Hari Besar Idul Fitri 1439 Hijriyah.

Dikabarkan setelah melakukan pemantauan hilal atau rukyatul hilal yang disebar disejumlah titik di seluruh provinsi Indonesia, sidang isbat akan dilakukan. Rukyatul Hilal itu sendiri dilakukan di 97 titik pemantauan yang tersebar di 34 provinsi Indonesia.

“Kami telah mengirim petugas rukyatul hilal yang akan bekerjasama dengan Kakanwil dan ormas untuk melakukan pemantauan hilal di 97 titik yang telah ditetapkan,” terang Dirjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin di Jakarta.

Hasil Rukyatul Hilal data hisab posisi hilal yang akan menjadi awal 1 Syawal akan dimusyawarahkan melalui sidang isbat yang hasilnya akan diumumkan oleh Kementerian Agama dan sejumlah tokoh agama yang turut hadir menjadi saksi.

Kabarnya Sidang Isbat akan dihadiri oleh pihak BMKG, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Planetarium. Selain itu ada juga pakar falak dari ormas-ormas Islam, pejabat eselon I dan II Kementerian Agama dan tim Hisab serta Rukyat Kemenag. (RWS/ist)

 

 

 

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar