Jakarta, Indonesia | Tuesday, 25-09-2018

NEWS UPDATE

SMAN 8 Malang Miliki Fasilitas PLTS

AL | Kamis,01 Feb 2018 - 07:24:59 WIB

Panel PLTS SMAN 8 Kota Malang.foto.ist

Malang, CityPost - SMA Negeri (SMAN) 8 Kota Malang baru saja meresmikan fasilitas pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) berkapasitas 15,36 KWP on-grid pada Selasa (30/1/18). 

PLTS ini merupakan hasil kerja sama SMAN 8 Malang dengan Paiton Energy dan Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (IBEKA).   Kepala SMAN 8 Kota Malang, Muhammad Sulthon mengatakan, dengan adanya fasilitas ini, para siswa dapat belajar dan mengembangkan keilmuan tentang energi panel surya.

"Dan dengan adanya fasilitas ini, kita menjadi satu-satunya sekolah yang miliki itu. Baru di SMAN 8 Malang yang punya panel surya di sekolahnya," ujarnya.

Menurut Sulthon, keberadaan fasilitas PLTS ini sangat penting bagi para siswa karena dapat menjadi laboratorium pembelajaran energi surya para siswa. 

“Dengan demikian, para siswa diharapkan bisa lebih mencintai lingkungan dengan energi yang ramah, sekaligus bisa membantu mengubah pola pikir anak tentang energi surya sebagai energi terbarukan yang ramah lingkungan dan tidak ada habisnya," katanya.

Sulthon mengungkapkan, proses penyediaan fasilitas PLTS ini sudah melalui waktu yang cukup lama. Bahkan, biaya yang dikeluarkan, mencapai miliaran rupiah. Semua ide terkait fasilitas ini berasal dari alumni SMAN 8 Kota Malang.

Direktur Keuangan Paiton Energy, Syakib Bifagih menjelaskan, bantuan penyedian PLTS yang diberikan pada SMAN 8 Malang merupakan salah satu wujud program CSR.  

“Diharapkan dengan adanya fasilitas ini, kebutuhan listrik akan terpenuhi dan mengurangi beban daya yang selama ini dipakai di sekolah. Selain itu, siswa juga dapat mengenal energi terbarukan dan memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar