Jakarta, Indonesia | Monday, 15-10-2018

NEWS UPDATE

Sony Akan Stop Bisnis Smartphone

GRY | Jumat,25 Mei 2018 - 05:21:00 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Tokyo, CityPost - Beberapa waktu lalu, Sony melakukan pergantian pemimpin, saat ini Kenichiro Yoshida menduduki posisi sebagai Chief Executive Officer (CEO) Sony menggantikan Kaz Hirai. Di masa kepemimpinan yang baru ini, Sony diperkirakan akan mundur dari bisnis smartphone.

Dalam rapat yang digelar pada hari Selasa (22/5/18), Yoshida mengungkap rencana tiga tahun untuk perusahaan. Dari apa yang dipaparkan, rencana tersebut memiliki fokus pada layanan dan area inti
yang mendatangkan untung bagi Sony.

"Kami sangat berharap bahwa kami membaca terlalu banyak tentang ini dan Sony terus membuat ponsel. Tapi ini ada beberapa alsan mengapa sebenarnya masuk akan bagi perusahaan untuk mundur dari gadget dan melangkah ke dalam layanan," kata Yoshida seperti dikutip dari Phone Arena, Kamis (24/5/18).

Dari ucapan Yoshida, memang ia hanya menyebut gadget secara umum. Namun, bila mengacu dari bisnis perangkat konsumen yang paling tidak menguntungkan bagi Sony, kemungkinan adalah bisnis smartphone.
(Sony Mobile) yang terus mengalami kemerosotan. Walau perusahaan masih memiliki brand yang kuat dan dikenal di kalangan pengguna smartphone, perangkat Sony masih belum bisa menarik minat konsumen.

Sebagai gambaran, dalam tahun fiskal 2014 Sony sukses menjual 39,1 juta smartphone. Penjualan ini terus menurun di tahun-tahun fiskal selanjutnya, dimana di tahun 2015 hanya 24,9 juta unit, ditahun 2016 menurun menjadi 14,6 juta unit, dan di tahun 2017 berkurang kembali menjadi 13,5 juta unit.

Sedangkan di bidang bisnis game konsol, PlayStation 4 masih menjadi bisnis yang bagus untuk Sony karena pendapatan yang dihasilkan cukup besar, dari streaming, dan lainnya. Walaupun memang Sony tak cuma mengandalkan bisnis gaming untuk menyokong nasibnya. (GRY/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar