Jakarta, Indonesia | Wednesday, 17-10-2018

NEWS UPDATE

Sumatera Utara Diguncang 33 Gempa Susulan

Redaksi CityPost | Selasa,17 Jan 2017 - 20:29:46 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Sumut, CityPost - Setelah terjadi dua kali gempa di Sumatera Utara pada Senin (16/1/17) pukul 19.42 WIB hingga Selasa (17/1/17) pukul 14.00 WIB sudah terjadi 33 kali gempa susulan.

"Gempa susulan itu memang tidak dirasakan sebagian besar warga Sumut karena selain kekuatannya lebih rendah yaitu 2 hingga 4,3 SR kedalamannya juga lebih dalam yaitu 30 kilometer dari 10 kilometer seperti Senin malam," kata Kepala Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, Syahnan,di Medan.

Syahnan menjelaskan, gempa susulan terjadi lima menit kemudian setelah gempa kedua, gempa susulan terkuat 4,3 SR terjadi pada pukul 08.11 WIB.

"Mengingat banyaknya gempa susulan hingga Selasa siang, masyarakat diminta tetap waspada," himbaunya.

Menurut Syahnan, gempa susulan terjadi akibat masih ada energi yang belum terlepas saat gempa utama Senin malam.

"Soal adanya pengaruh gempa tektonik ke Gunung Sinabung harusnya tidak ada, karena lain gempa tektonik dan vulkanik," jelas Syahnan.

Deri, petugas Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung mengatakan gempa yang berpusat di Deliserdang itu tidak berpengaruh kepada aktivitas Gunung Sinabung.

"Tidak ada suplai magma, sehingga gempa yang berpusat di Deliserdang jelas tidak memiliki pengaruh langsung kepada Gunung Sinabung," paparnya.

Deri menyampaikan, hingga Selasa siang, tercatat telah terjadi 1.500 kali gempa tektonik Gunung Sinabung dimana 23 gempa diantaranya dirasakan oleh sebagian masyarakat yang tinggal di sekitar gunung itu.

"Makanya kepanikan masyarakat semakin besar," ujarnya. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar