Jakarta, Indonesia | Wednesday, 23-01-2019

NEWS UPDATE

Supir Taksi Online Tewas Usai Gelar Aksi Bakar Diri

RWS | Sabtu,12 Jan 2019 - 19:20:24 WIB

Aksi supir taksi online di Korsel (set desain ilustrasi)/foto ist

CityPost – Aksi protes ekstrem saat ini tengah dilakukan oleh seorang supir taksi online di Korea Selatan. Supir itu dikabarnya tengah membakar dirinya sendiri menuntut layanan taksi online yang diluncurkan perusahaan aplikasi terbesar di Seoul.

Demonstran yang berprofesi sebagai pengemudi taksi online itu berusia 64 tahun. Dia ditengarai memarkirkan mobilnya dikedutaan besar Amerika Serikat di pusat Ibukota Seoul sesaat sebelum kendaraannya terbakar pada Rabu (9/1) lalu.

Dikabarkan dia merupakan supir taksi kedua yang meninggal karena bunuh diri dalam aksi dinegara tersebut dalam kurun satu bulan terakhir.

Melansir kantor berita Yonhap dan AFP  supir itu yang bernama IM sebelumnya masih hidup saat dikeluarkan dari mobil dan tewas ketika dilarikan kerumah sakit. Sementara itu, pihak kepolisian setempat mengaku menemukan botol-botol bensin yang meleleh didalam taksinya.

IM disebutkan sebagai supir taksi kedua yang membakar diri hingga tewas dalam rangka menuntut jasa transportasi online yang diluncurkan oleh Kakao, perusahaan aplikasi chat.

Diketahui dari para demonstran, mereka mengaku jasa layanan taksi online bisa mengurangi ongkos transportasi dan meningkatkan layanan untuk para penggund diseluruh dunia. Tetapi di Korea Selatan, transportasi online nyaris tidak ada, sekalipun ada Uber, perusahaan AS, itu hanya beroperasi dengan keterbatasan dan saat ini Uber sendiri sudah menutup jasa layanan taksinya di Korea Selatan sejak 2015 lalu seiring adanya penolakan dari supir taksi konvensional.

Sebelumnya, perusahaan Kakao Mobility dalam tahap uji coba, mereka hanya memperbolehkan para supir mengambil dua pesanan dalam satu hari dan kebijakan ini menurut para supir akan mengancam pekerjaan dan kesejahteraan mereka hingga akhirnya mereka melayangkan protes. (RWS/ist)

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar