Jakarta, Indonesia | Wednesday, 14-11-2018

NEWS UPDATE

Suriah Bantah Tudingan AS Terkait Penggunaan Senjata Kimia

RWS | Kamis,25 Jan 2018 - 05:59:59 WIB

Penyelamatan korban senjata kimia di Suriah/ foto ist

CityPost – Pemerintah Suriah menegaskan dan membantah bahwa pihaknya tidak menggunakan senjata kimia dan menyebutkan informasi itu merupakan kebohongan belaka. Hal itu disampaikan setelah pihak Prancis dan Amerika menuding Suriah menggunakan senjata kimia.

Kementerian Luar Negeri Suriah menyampaikan bahwa tuduhan yang disampaikan oleh pihak Amerika Serikat dan Prancis merupakan agenda terselubung mereka, khususnya yang terkait Suriah. Menurutnya, baik AS maupun Prancis sedang berupaya menghalangi upaya pencapaian solusi dan jalan keluar untuk menyelesaikan krisis yang terjadi di Suriah.

“Suriah selalu menunjukkan kerjasama dan memberikan kondisi yang diperlukan untuk penyelidikan yang imparsial, objektif dan profesional terhadap penggunaan senjata kimia,” ujar pernyataan Kementerian Luar Negeri Suriah.

Sementara itu, Suriah sendiri menuding saat ini pihat Barat justru ditengarai sedang menghambat proses tersebut dengan tujuan politik.

Diketahui sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson mengatakan bahwa Pemerintah Suriah kemungkinan masih menggunakan senjata kimia menyusul adanya serangan klorin yang terjadi diwilayah kantung pemberontak di Ghouta Timur pada awal pekan ini.

Disebutkan juga bahwa penyelidikan atas hal itu, yang dilakukan selama dua tahun terakhir telah dilakukan oleh PBB dan Organisasi untuk Larangan Senjata Kimia (OPCW) dan mereka menemukan pemerintah Suriah menggunakan senjata kimia jenis sarin. Bahkan dikatakan Suriah juga beberapakali menggunakan senyawa jenis klorin sebagai senjata mereka. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar