Jakarta, Indonesia | Wednesday, 14-11-2018

NEWS UPDATE

Susi Mulai Data Ratusan Kapal Cantrang Nelayan

RWS | Sabtu,03 Feb 2018 - 10:01:49 WIB

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti/ foto ist.

Jakarta, CityPost – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyampaikan pihaknya tengah melakukan pendataan dan verifikasi kapal bermuatan alat tangkap cantrang dan sejenisnya yang berada diwilayah Tegal, Jawa Tengah.

Ditengarai pendataan ratusan kapal itu akan terus berlangsung selama beberapa pekan kedepan khususnya untuk mereka yang berada dikawasan Pantai Utara Jawa (Pantura).

Susi mengatakan kegiatan tersebut sebagai upaya menindaklanjuti kesepakatan dari pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan perwakilan nelayan di Istana yang dilakukan dua minggu lalu.

“Tim khusus sudah mulai bergerak sejak Kamis kemarin, untuk melakukan pendataan, verifikasi dan validasi kapal cantrang dan semacamnya di kota ini. Langkah tersebut bertujuan untuk mengetahui jumlah serta ukuran yang dimiliki oleh para nelayan dan pelaku usaha,” ujar Susi saat berada di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tegal Sari pada Jumat (2/2) lalu.

Diketahui juga, sebelumnya pemerintah sudah membentuk tim khusus penyelesaian peralihan alat tangkap ikan yang selama ini dilarang. Tim tersebut terdiri dari berbagai unsur seperti Satgas 115, Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) KKP, Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan serta Kepala Daerah setempat. Tim itu dikepalai oleh Laksamana Madya TNI (purn) Widodo.

“Telah disepakati bahwa pemerintah memberikan perpanjangan waktu kepada kapal cantrang untuk tetap melaut dengan kondisi tidak ada penambahan kapal cantrang. Kapal yang berlayar juga harus diukur ulang terlebih dahulu dan hanya berlayar di Pantura saja,” tukasnya. (RWS/ist)

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar