Jakarta, Indonesia | Tuesday, 11-12-2018

NEWS UPDATE

Taiwan Bakal Pertahankan Kedaulatan Negaranya

RWS | Kamis,11 Okt 2018 - 13:11:13 WIB

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen/ foto ist.

CityPost – Agresifitas China terhadap Taiwan saat ini tengah membuat negara itu mulai memusatkan perhatian pada sisi pertahanan agar bisa terus menjaga kedaulatan Taiwan dari serangan maupun intervensi pihak manapun, khususnya China.

Komitmen itu disampaikan oleh Presiden Taiwan Tsai Ing-wen yang berjanji akan terus membela negaranya dari intervensi China yang hingga kini terus meningkat. Hal itu disampaikan Tsai dalam pidato tahunan di Hari Nasional Taiwan pada Rabu (10/10) kemarin.

Tsai mengatakan, Taiwan akan meningkatkan anggaran pertahanan tahunannya dan mengembangkan lebih jauh industri-industri pertahanan domestik mereka, khususnya pembuatan kapal selam dan pesawat latihan canggih.

Diketahui, retaknya hubungan Taiwan dan China mencuat usai Tsai menjabat sebagai Presiden Taiwan pada 2016 lalu dan menolak prinsip satu China yang selalu digaungkan pihak Beijing.

Prinsip Satu China itu sendiri disebutkan sebagai istilah bagian dari China daratan. Inilah yang terus digaungkan pihak Beijing dan bertolak belakang dengan pemikiran Taiwan itu sendiri.

Menyikapi intervensi China, Taiwan menegaskan pihaknya tidak ingin melakukan konfrontasi tetapi juga tidak ingin menyerah pada agresi yang dilakukan China. (RWS/ist)

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar