Jakarta, Indonesia | Saturday, 20-10-2018

NEWS UPDATE

Tersinggung Sikap AS, Korut Ancam Batalkan Pertemuan

RWS | Kamis,17 Mei 2018 - 20:05:44 WIB

Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara Kim Kye Kwan/foto ist

CityPost – Pertemuan puncak antara Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un tengah menjadi sebuah keraguan karena sikap AS yang dianggap berlebihan terhadap Korut. Hal ini kemudian memicu ancaman Korut yang akan membatalkan pertemuan tersebut.

Pertemuan terkait denuklirisasi antara AS dan Korut terancam batal setelah keraguan baru muncul yang dipicu dari permintaan AS yang berlebihan terhadap Korea Utara.

Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara Kim Kye Kwan menyampaikan sebuah pernyataan melalui kantor berita KCNA bahwa pihaknya saat ini mengecam pernyataan Penasehat Keamanan Nasional Pesiden AS John Bolton yang tengah menuntut Pyongyang untuk melucuti sepenuhnya senjata nuklir Korut dan menghentikan program misil balistiknya serta menyerahkan stok senjata kimia sebelum menerima kompensasi dan konsesi.

Kim Kye mengatakan pihaknya marah atas sikap AS yang tidak mau kompromi hingga akhirnya dia menyebutkan negaranya mungkin akan membatalkan KTT Trump dan Kim kecuali pemerintahan Trump mau jujur dalam upaya memperbaiki hubungan mereka melalui dialog.

Bahkan Kim Kye menegaskan jika AS tetap memaksakan sepihak dan coba memaksa Korea Utara untuk menghentikan program nuklirnya, Pyongyang tidak akan lagi berminat untuk sebuah dialog. Sangat tidak logis Bolton membandingkan pelucutan senjata nuklir Libya yang realtif sederhana dengan pelucutan Korea Utara yang lebih maju dan berkemampuan luas. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar