Jakarta, Indonesia | Wednesday, 24-10-2018

NEWS UPDATE

Trump Dan Kim Sepakati Empat Point Pernyataan Sikap

RWS | Rabu,13 Jun 2018 - 23:14:50 WIB

Trump dan Kim sepakati empat point pernyataan bersama pada KTT di SIngapura/foto ist

CityPost – Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un saat ini tengah menyepakati empat poin pernyataan bersama yang menunjukan sikap bijak dari kedua pemimpin negara tersebut.

Hal itu dilakukan saat keduanya melakukan pertemuan puncak di Pulau Sentosa, Singapura pada Selasa (12/6) lalu, yang saat ini menjadi momen senjarah untuk dunia internasional.

Pada sesi pertemuan, dikabarkan baik Trump maupun Kim saling bertukar pikiran secara mendalam dan tulus terkait semua isu-isu penanganan yang bisa memperbaiki harmonisasi hubungan antara AS dan Korea Utara.

Trump dalam kesempatan itu menegaskan pihaknya akan memberikan jaminan keamanan kepada Republik Rakyat Dmeokratik Korea (RRDK) dan juga sebaliknya Kim menegaskan bahwa pihaknya akan menjaga komitmen mereka terkait denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Berikut empat point pernyataan bersama yang disepakati dantara Trump dan Kim dalam KTT di Singapura, antara lain,

1.       Amerika Serikat dan RRDK berkomitmen untuk menciptakan hubungan baru antara kedua negara sesuai dengan keinginan rakyat kedua negara untuk perdamaian dan kesejahteraan.

2.       Amerika Serikat dan RRDK akan bersama-sama berupaya membangun rezim perdamaian yang stabil di Semenanjung Korea.

3.       Menegaskan kembali Deklarasi Panmunjom 27 April 2018, RRDK berkomitmen untuk bekerja menyelesaikan denuklirisasi Semenanjung Korea.

4.       Amerika Serikat dan RRDK berkomitmen untuk menemukan sisa-sisa jenazah tawanan perang/tentara yang hilang dalam perang, termasuk pemulangan segera yang sudah teridentifikasi.

Kerjasama dan pernyataan bersama tersebut diterbitkan di Pulau Sentosa, Singapura pada Selasa (12/6) dalam Pertemuan Tingkat Tinggi (KTT) antara Presiden AS Donald Trump bersama Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar