Jakarta, Indonesia | Monday, 21-05-2018

NEWS UPDATE

Trump Diminta Izinkan Penjualan Jet Tempur Ke Taiwan

RWS | Selasa,27 Mar 2018 - 10:28:47 WIB

Jet Tempur F-35 buatan Lockheed Martin Corp AS/ foto ist

CityPost – Rencana pemerintah Amerika Serikat untuk menjual pesawat Jet Tempur miliknya kepada Taiwan dikuatkan dengan pernyataan dua senator senior Partai Republik yang meminta langsung kepada Donald Trump untuk mengizinkan penjualan pesawat itu kepada pihak Taiwan.

Permintaan itu disampaikan dua senator pada Senin (26/3) kemarin. Penjualan jet tempur F-35 buatan Lockheed Martin Corp ke Taiwan menurut mereka nantinya akan difungsikan sebagai sarana pertahanan demokrasi Taiwan dalam menghadapi ancaman China.

“Pesawat tempur itu akan berdampak positif bagi Taiwan untuk mempertahankan negara dan akan berperan sebagai penggetar terhadap postur militer China yang agresif diseluruh wilayah Asia-Pasifik,” tukas Senator John Cornyn, asisten pemimpin mayoritas dan James Inhofe anggota senior Komite Angkatan Bersenjata yang dilayangkan melalui surat dan dikirimkan kepada Presiden Trump.

Selain itu mereka juga menuliskan esensi dari alasan kenapa Taiwan harus memiliki pesawat jet tempur guna mempertahankan demokrasi negara mereka dari ancaman China.

“Setelah bertahun-tahun melakukan modernisasi militer, China menunjukkan kemampuan berperang melawan Taiwan untuk pertama kalinya sejak tahun 1950 an. Namun, dengan kepemimpinan anda, ada kemungkinan untuk membantu Taiwan tetap menjadi negara demokrasi, bebas menjalin hubungan dengan China yang tidak didorong oleh paksaan militer,” tulis mereka berdua.

Kendati demikian, hingga kini kabarnya permasalahan itu belum ditanggapi pihak Gedung Putih pasalnya penjualan jet tersebut ditengarai dapat memicu ketegangan dengan pihak China. Hal itu terlihat dari adanya kemarahan dari sejumlah pejabat China saat mengetahui Presiden Trump menandatangani undang-undang pada bulan ini yang menggiatkan pengiriman pejabat senior Amerika ke Taiwan dan sebaliknya. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar