Jakarta, Indonesia | Sunday, 19-08-2018

NEWS UPDATE

Turki Dan Prancis Sepakat Minta Trump Batalkan Keputusannya

RWS | Selasa,12 Des 2017 - 06:48:31 WIB

Presiden Prancis Emmanuel Macron (kiri) dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kanan)/ foto ist.

CityPost -  Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bersama Presiden Prancis Emmanuel Macron saat ini bersepakat dan bekerjasama untuk mencoba meyakinkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump agar mau menarik dan mempertimbangkan kembali keputusannya terkait Yerusalem sebagai Ibukota Israel.

Erdogan dan Macron menyepakati hal tersebut yang disampaikan masing-masing melalui sambungan telepon. Keduanya menyimpulkan bahwa tindakan AS tengah memicu kekhawatiran  pada wilayah tersebut. Turki dan Prancis disebutkan berencana untuk membalikan keputusan AS.

Selain kepada Prancis, Erdogan juga menghubungi Kazakhstan, Lebanon dan Azerbaijan untuk membicarakan masalah Yerusalem. Bahkan Erdogan mendesak Organisasi Kerjasama Islam  untuk segera menggelar pertemuan di Turki pekan depan.

Diketahui, sejumlah negara sekutu AS seperti Prancis, Italia, Jerman, Inggris dan Swedia kecewa dengan keputusan Donald Trump  bahkan mereka meminta AS untuk segera mengajukan proposal rinci terkait penyelesaian Israel dan Palestina.

Saat ini status Yerusalem telah menjadi salah satu hambatan terbesar dalam kesepakatan damai antara Israel dan Palestina. Hal itu terjadi terus selama beberapa generasi dan tanpa adanya titik temu penyelesaian. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar