Jakarta, Indonesia | Sunday, 23-09-2018

NEWS UPDATE

Turki Geram Saleh Muslim Dibebaskan Ceko

RWS | Rabu,28 Feb 2018 - 22:52:02 WIB

Mantan pemimpin PYD, Saleh Muslim/ foto ist

CityPost – Mantan Pemimpin Kurdi Suriah Saleh Muslim saat ini dikabarkan tengah dibebaskan oleh pengadilan Ceko yang sebelumnya mereka tahan dan adili. Hal itu lantas membuat pihak Turki geram ditengah permohonan resmi terkait ekstradisi yang ditolak Ceko.

Disampaikan saat ini Saleh Muslim merupakan orang yang paling dicari oleh pemerintah Turki atas tuduhan berada dibalik serangan teror diwilayah mereka.

“Hakim telah memutuskan untuk membebaskan klien saya,” ujar pengacara muslim, Miroslav Krutina seperti yang dilansir melalui Al Araby pada Selasa (27/2) lalu.

Miroslav mengatakan Muslim akan memberikan partisipasi dalam proses ekstradisi seperti yang diminta pemerintah Turki, namun dengan keputusan pembebasannya.

Saat ini kabarnya pemerintah Turki itu sendiri tengah mengecam pihak pengadilan Ceko yang dianggap telah mendukung terorisme.

“Keputusan ini sangat jelas merupakan keputusan untuk mendukung terorisme,” ujar Wakil Perdana Menteri Turki, Bekir Bozdag.

Sementara itu, Bozdag menyampaikan keputusan pembebasan Muslim dipastikan akan berdampak negatif terhadap harmonisasi hubungan antara Turki dan Ceko. Saat ini Turki meminta Ceko mengesktradisi Muslim untuk bersiap menghadapi pengadilan atas kasus terorisme.

Disampaikan juga bahwa hingga kini Turki masih menganggap Unit Perlindungan Rakyat (YPG) dan sayap militer PYD sebagai cabang dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di Suriah. PKK dianggap sebagai pemberontak yang melawan Ankara dan juga dianggap sebagai kelompok terorisme oleh Amerika Serikat. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar