Jakarta, Indonesia | Sunday, 22-07-2018

NEWS UPDATE

Udara di Jakarta-Palembang Relatif Baik Untuk Asian Games

AL | Jumat,18 Mei 2018 - 14:13:20 WIB

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar.foto.ist

Jakarta, CityPost - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar dalam siaran persnya yang diterima di Jakarta, Jum`at (18/5/18) mengatakan bahwa kualitas udara di Jakarta dan Palembang relatif baik dan mendukung untuk pelaksanaan Asian Games.

Kualitas udara tersebut terpantau dari sistem monitoring kualitas udara (Air Quallity Monitoring System/AQMS) yang ditempatkan di daerah Palembang dan Jakarta yang akan menjadi tempat pelaksanaan Asian Games 2018.

AQMS  adalah alat yang secara <em>realtime dapat menggambarkan kualitas udara ambien dengan menyediakan informasi yang realtime untuk PM (Particulate Matter) 2.5., yang berarti alat ini dapat memonitor bahan-bahan partikel udara yang berukuran 2,5 mikrogram.

Dua unit AQMS yang telah dipasang di Palembang dan sudah beroperasi sejak Januari 2017, terdiri atas satu unit yang berupa <fix station dan satu unit yang portable. Sedankan di Jakarta,  AQMS yang ditempatkan secara fix sebanyak satu unit beroperasi sejak 2 Mei 2018 dan didukung oleh tiga Unit AQMS portable.

Berdasarkan pemantauan kualitas udara dengan konsentrasi PM 2.5 sejak Januari hingga April 2018 terpantau kualitas udara Palembang tercatat 13,9 mikrogram/m3 dan di Jakarta tercatat 35 mikrogram/m3. Sedangkan, Baku Mutu Harian menurut PP No. 41 Tahun 1999 adalah 65 mikrogram/m3 dan baku mutu menurut WHO 25 mikrogram/m3.

Selain memasang alat pemantau kualitas udara, Kementerian LHK juga menyiapkan empat tim satuan tugas pemantau kualitas udara di Palembang dan Jakarta. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar