Jakarta, Indonesia | Thursday, 21-06-2018

NEWS UPDATE

UMP Ciptakan Game Online `Bawor Adventure`

AL | Jumat,12 Jan 2018 - 19:29:59 WIB

Game Bawor Adventure.foto.ist

Purwokerto, CityPost - Pusat Pengembangan Multimedia Pembelajaran (PPMP) FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)  mengembangkan aplikasi game online yang menarik, sekaligus menyisipkan nilai-nilai edukasi. Salah seorang anggota PPMP FKIP UMP Malik Muhammad mengatakan, inisiatif tersebut muncul atas keprihatinan akan banyaknya aplikasi game online yang dapat diakses melalui komputer atau telepon pintar namun hanya sedikit aplikasi game atau permainan yang bersifat mendidik.

"Saat ini, ada enam aplikasi game online yang sudah siap diluncurkan oleh PPMP di tengah masyarakat. Sasaran aplikasi game ini, kami khususnya untuk anak usia SD dan SMP," katanya di Purwokero, Jawa Tengah, Kamis (11/1/18).

Malik menyebutkan, salah satu aplikasi game online sudah diluncurkan adalah `Bawor Adventure` yang mengajak anak-anak untuk memainkan tokoh Bawor yang sedang berpetualang.
 
"Nama Bawor kami ambil dari tokoh wayang punakawan versi Banyumasan. Selama berpetualan, anak-anak yang memainkan tokoh Bawor akan berpetualang di candi-candi yang ada di Jawa, dan juga menemukan berbagai tradisi budaya masyarakat," ujarnya.

Malik menjelaskan, anak-anak bisa mengakses `Bawor Adventure` melalui website resmi UMP, yaitu ump.ac.id

"Tinggal klik logo bergambar tokoh bawor, anak-anak bisa memainkan aplikasi tersebut. Kapasitas gamenya sangat ringan, sehingga bisa dijalankan dengan lancar," tuturnya.

Malik menambahkan, PPMP FKIP UMP akan terus mengembangkan seri lanjutan game-game yang telah ada, termasuk juga aplikasi gim yang memuat materi pembelajaran. Hal tersebut Sejalan dengan visi PPMP UMP menjadikan UMP sebagai pusat multimedia pembelajaran yang berbasis digital education center.

"Selama satu tahun ini sudah ada 11 gim yang dirilis dan bisa diakses melalui website UMP," katanya. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar