Jakarta, Indonesia | Wednesday, 14-11-2018

NEWS UPDATE

Uni Eropa Abaikan Kebijakan Tarif AS

RWS | Rabu,25 Jul 2018 - 23:17:18 WIB

Momen pertemuan Uni Eropa (ilustrasi)/foto ist

CityPost – Kelompok negara-negara Uni Eropa saat ini menegaskan bahwa pihaknya tidak akan tunduk dengan aturan kebijakan tarif Amerika Serikat. Bahkan Eropa berharap nantinya perang tarif antara AS dan UE bakal diselesaikan melalui jalur perundingan.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas. Dia mengatakan pihaknya di Eropa memiliki pandangan yang sama untuk menyelesaikan masalah melalui kesepakatan.

“Kami di Eropa akan terus berpandangan sama, saya harap kita dapat menyelesaikan masalah melalui kesepakatan tapi kami tidak akan mematuhi begitu saja penerapan tarif tersebut,” tegas Heiko.

Pernyataan Heiko kabarnya disampaikan jelang digelarnya pertemuan Komisi Eropa dengan pihak Washington terkait permasalahan perang dagang.

Sementara itu, dikabarkan terpisah. Presiden Komisi Eropa Jean Claude Juncker rencananya bakal bertemu dengan Presiden AS Donald Trump untuk membahas permasalahan perdagangan itu.

Rencana pertemuan Jean dan Trump disambut baik oleh Heiko. Dia mengatakan pihaknya berharap dengan adanya pertemuan tersebut maka permasalahan bisa diselesaikan  dan bisa mencuatkan solusi hingga mereka atau negara-negara yang terlibat perang dagang tidak perlu bernegosiasi.

“Saya tidak berfikir jika ancaman akan membawa kita lebih dekat dengan solusi,” Heiko Maas

Diketahui sebelumnya Trump memberlakukan tarif yang kemudian dibalas oleh pihak Uni Eropa dengan menerapkan bea masuk impor sebesar 25 persen untuk produk-produk asal AS. Kabarnya tarif balasan itu diimplementasikan usai Uni Eropa mengaku tidak ada pilihan lain untuk melindungi kepentingannya.

Pihak Eropa sendiri berjanji akan menghapuskan bea tarif tersebut jika pihak AS mau menghapuskan kebijakan tarif yang diterapkannya kepada pihak Uni Eropa. (RWS/ist)

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar