Jakarta, Indonesia | Tuesday, 22-01-2019

NEWS UPDATE

Unicef Akan Kirimkan Psikolog Untuk Pemulihan Trauma Gempa

AL | Jumat,05 Okt 2018 - 13:23:39 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Jakarta, CityPost - Badan PBB yang menangani masalah anak, Unicef bersedia untuk membantu pemulihan psikologis anak-anak korban gempa bumi dan tsunami serta likuifaksi di Sulawesi Tengah.

"Kita juga didukung Unicef, termasuk juga akan mengirimkan psikolog tambahan untuk pemulihan trauma," kata Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial Edi Suharto di Jakarta, Jum`at (5/10/18).

Edi menuturkan, saat ini layanan dukungan psikososial bagi korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah sudah berjalan meski masih dalam masa tanggap darurat.
Sebagaimana dilaoprkan Antara, Sebanyak 27 psikolog dan didukung tenaga pendamping, Satuan Bhakti Pekerja Sosial (Sakti Peksos) sudah memberikan layanan psikososial di titik-titik pengungsian. Selain itu, Kementerian Sosial juga sudah mendirikan Pondok Anak Ceria sebagai pusat pemulihan trauma, karena jumlah pengungsi cukup besar maka layanan diberikan per kelompok dengan sistem terapi bermain. 

Sebelumnya Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan, pihaknya sudah mendistribusikan bantuan permakanan dan logisitkk lainnya ke daerah yang terdampak gempa bumi dan tsunami. Selain itu, Kemensos juga sudah mulai melakukan penanganan trauma healing.

"Trauma healing penting sekali supaya target pemerintah percepatan ekonomi itu bisa tercapai. Jadi kita tidak menunggu tahap rehab rekon untuk penanganan trauma karena menggerakkan ekonomi perlu kesiapan mental," ujar Agus.

Berdasarkan data Posko penanggulangan Bencana Sunami Sulawesi Tengah pada Jum`at (5/10/18) pukul 09.22 WITA korban meninggal dunia tercatat 1.558 orang, korban luka-luka sebanyak 2.549 orang, hilang 113 orang, tertimbun 152 orang, jumlah rumah yang rusak sebanyak 65.733 unit dan pengungsi sebanyak 70.821 orang. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar