Jakarta, Indonesia | Wednesday, 23-01-2019

NEWS UPDATE

Video Game Jadi `Obat Digital` Anak Autisme

AL | Senin,07 Jan 2019 - 17:35:04 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Jakarta, CityPost - Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Autism and Developmental Disorders mengungkapkan bahwa cvideo game dapat membantu mengurangi gejala sebagai `obat digital` pada anak-anak penyandang gangguan spektrum autisme (ASD) dan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (ADHD). Penelitian tersebut memastikan kelayakan dan keamanan alat yang disebut Proyek: EVO, yang memberikan rangsangan sensorik dan motorik melalui pengalaman video game aksi

Dilansir New Indian Express, sebanyak 50 persen anak-anak dengan ASD memiliki beberapa gejala ADHD, sekitar 30 persen menerima diagnosis sekunder ADHD. Namun, para peneliti menyelidiki pengobatan alternatif karena obat ADHD kurang efektif pada anak-anak dengan kedua gangguan tersebut dibanding mereka yang menyandang ADHD.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa anak-anak terlibat dengan proyek: pengobatan EVO untuk jumlah waktu yang disarankan, dan bahwa orang tua dan anak-anak melaporkan tingkat kepuasan yang tinggi dengan pengobatan," Benjamin Yerys, psikolog anak di Hospital of Philadelphia (CHOP) di Amerika.

Penelitan imi melibatkan 19 anak berusia 19-13 tahun yang didiagnosis memiliki gejala ASD sekaligus ADHD.
Partisipan yang mendapat pengobatan Proyek: EVO, disampaikan melalui pengalaman video gim aksi, atau aktivitas pendidikan yang melibatkan pengenalan pola.
Penelitian ini juga menemukan bahwa setelah menggunakan Proyek: EVO, anak-anak menunjukkan kecenderungan peningkatan atensi, dan secara umum terjadi perbaikan gejala ADHD menurut laporan orang tua

Walau ukuran sampel penelitian ini kecil, peneltian menunjukkan bahwa menggunakan Proyek: EVO yang layak dan diterima dengan efek terapi yang potensial. Saat ini, tim peneliti sedang merencanakan penelitian tindak lanjut yang lebih besar untuk evaluasi mengenai kemanjuran Proyek: EVO. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar