Jakarta, Indonesia | Wednesday, 14-11-2018

NEWS UPDATE

Vihara Dharma Loka Jadi Pusat Perayaan Imlek di Garut

AL | Kamis,15 Feb 2018 - 18:23:51 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Garut, CityPost - Vihara Dharma Loka di Garut, Jawa Barat bersiap menjadi pusat perayaan imlek di wilayah setempat. Ribuan jemaat dari Garut dan sekitarnya akan berkumpul disana dalam rangka menyambut perayaan Tahun Baru Imlek 2569 pada Jum`at (15/2/18) besok. 

Ketua Perkumpulan warga Tionghoa Garut, Senjaya, mengatakan, perayaan imlek tahun Anjing Bumi 2018 telah dipersiapkan agar lebih meriah. Sejak sepekan terakhir, sekitar 200 lilin merah berukuran sedang serta 80 lampion yang terpasang di vihara.

"Jumlahnya ada penambahan hingga dua kali lipat dibanding tahun lalu," katanya kepada awak media.

Pencucian semua patung dalam vihara juga telah dilakukan bersamaan dengan pemasangan lampu lampion.

"Kegiatannya memang berdekatan, jadi habis pemandian patung baru pasang lampion," lanjutnya.

Senjaya menyatakan, tidak ada ritual khusus yang dilakukan para jemaat tahun ini. Tema imlek tahun ini, lebih kepada mempererat silaturahmi antaragama.

"Perayaan Imlek ini harus memberikan kedamaian bagi sesama dan antarumat agama lainnya. Vihara Dharma Loka ini penganut agama Tionghoa akan berkumpul dan silaturahmi dengan penganut agama lainnya," ujarnya.

Vihara Dharma Loka termasuk salah satu bangunan tempat ibadah konghucu tertua di Jawa Barat. Bangunan ini diperkirakan mulai dibangun sekitar 1839 masehi di Jalan Guntur, Kelurahan Ciwalen, Kecamatan Garut Kota, Jawa Barat. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar