Jakarta, Indonesia | Monday, 24-09-2018

NEWS UPDATE

Walikota Perempuan Jadi Sejarah Baru Untuk Tunisia

RWS | Jumat,06 Jul 2018 - 06:03:08 WIB

Seorang tokoh terkemuka di Ennhada, Tunisia, Souad Abderrahim/foto ist

CityPost -  Seorang tokoh terkemuka di Ennhada, Tunisia, Souad Abderrahim yang notabene berasal dari Partai Konservatif Muslim Democratic saat ini tengah mengukir sejarah baru bagi negara tersebut. Hal itu menjadi catatan ketika Souad berhasil menjabat sebagai Walikota Perempuan pertama di Tunisia.

Dikabarkan, Abderrahim remi terpilih menjadi Walikota oleh 26 anggota Dewan Kota Tunisia. Dia berhasil meraup suara terbanyak dari rivalnya Kamel Idir dengan memperoleh 22 suara anggota. Disebutkan selain itu, Abderrahim juga telah memenangkan 33,8 persen suara selama pemilihan kota pada awal Mei lalu.

Kendati demikian, jabatan yang diemban Abderrahim saat ini tengah memicu kontra dari mereka yang lebih senang jabatan Walikota diemban oleh seorang lelaki setelah adanya predikat Syekh.

“Kami ingin memberikan hak perempuan Tunisia. Saya menganggap ini sebagai sumber kebanggaan bagi wanita Tunisia,” tegas Abderrahim.

Kabarnya, pemilihan walikota tersebut dianggap sebagai tonggak utama transisi Tunisia menuju demokrasi. Setelah, beberapa dekade pemerintahan otoriter berakhir pada pemberontakan 2011 yang saat itu menggulingkan kepemimpinan presiden Zine el-Abidine Ben Ali. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar