Jakarta, Indonesia | Tuesday, 25-09-2018

NEWS UPDATE

Warga Badui Gelar Operasi Barang Modern

AL | Kamis,12 Jul 2018 - 10:48:03 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Lebak, CityPost - Puluhan warga Badui Badui Dalam dan Badui Penamping yang ditunjuk tetua adat menggelar operasi pelarangan barang modern di pedalaman Kabupaten Lebak, Banten karena bertentangan dengan adat setempat. Operasi ini bertujuan untuk penegakan peraturan adat 

"Operasi adat itu dilakukan selama sepekan terakhir dengan menyisir ke setiap rumah warga Badui," kata Santa (45), warga Badui di Lebak, dikutip dari Antara,  Kamis (12/7/18).

Sebagimana diketahui, masyarakat Badui harus taat dan patuh terhadap peraturan adat yang melarang menggunakan peralatan modern, termasuk kendaraan roda dua dan roda empat. Santa menjelaskan, peralatan modern maupun barang perabotan rumah tangga yang ditemukan dalam operasi tersebut akan dimusnahkan. Sedangkan, jika ada warga yang kedapatan memiliki kendaraan akan dikoordinasikan dengan aparat kepolisian. Jika kendaraan itu benar-benar milik warga Badui yang dibuktikan dengan STNK dan BPKB, maka kepolisian akan menyita kendaraan itu. Namun, jika warga Badui meminjam kendaraan milik orang lain, maka bisa diambil oleh pemiliknya.

Warga Badui tidak diperbolehkan memiliki perabotan rumah tangga, seperti gelas, piring, termos, teko, sendok, kasur, garpu, dan lainnya. Santa mengatakan, warga badui yang kedapatan memiliki perabotan rumah tangga itu tak menolak saat semua barang-barang yang dimusnahkan.

"Warga rela barang-barang modern milik merka dimusnakan, tidak ada penolakan dari warga karena memang dilarang secara adat," ujarnya. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar