Jakarta, Indonesia | Wednesday, 23-01-2019

NEWS UPDATE

Warga Protes Saluran Air Terkontaminasi Limbah Pabrik

Hen | Senin,11 Sept 2017 - 11:44:49 WIB

Dugaan saluran air terkontaminasi limbah pabrik tekstil/ foto ist kompas.

Jakarta, CityPost -  Sebuah saluran air dikawasan Kebon Jeruk Jakarta Barat dikabarkan tengah terkontaminasi limbah pabrik tekstil. Air selokan berubah menjadi biru karena pengaruh limbah yang dibuang.

Menurut keterangan Ketua RT setempat, Mulyadi. Diwilayahnya memang ada pabrik tekstil dan dia juga menduga saluran air tercemar oleh pabrik tersebut yang berada di Jalan Idris Rt.002, Rw 03 Sukabumi Utara, Jakarta Barat.

Mulyadi selaku Ketua Rt 05, Rw 06 mengatakan pencemaran sudah terjadi sejak satu bulan silam setiap sorenya mulai dari jam 15.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Mulyadi juga mengakui ada warganya yang memiliki usaha konveksi tetapi dia mengklaim tidak ada kaitannya dengan limbah yang mencemari air selokan diwilayahnya. Di saluran air binus. Karena usaha konveksi warganya tidak menggunakan pewarnaan kain, ujar Mulyadi.

“Disini memang ada 8 warga saya yang kerja konveksi, tapi Cuma ambil kain terus motong-motong aja, engga sampai mewarnai. Jadi Cuma datang barang, gunting bawa lagi,” terang Ketua Rt.

Menurut penelusuran Mulyadi sendiri, dia mengatakan pencemaran limbah yang ada disaluran selokan dan membuat warga resah didapati dari salah satu pabrik tekstil yang ada diwilayah Rt lain. Mulyadi juga mengatakan telah melaporkan hal itu kepada pihak Kecamatan Kebon Jeruk dan Walikota Jakarta Barat.

Limbah pewarna yang tengah mencemari saluran air binus dikabarkan juga menimbulkan bau yang menyengat  dan berbahaya bagi warga. Saluran air tersebut melintasi tiga wilayah Rt, antara lain Rt 04, 05 dan Rt 06 diwilayah Rw 06. (Hen/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar