Jakarta, Indonesia | Tuesday, 22-05-2018

NEWS UPDATE

Warga Temanggung Peringati Hari Gunung Dengan Penghijauan

AL | Selasa,12 Des 2017 - 00:38:02 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Temanggung, CityPost - Hari Gunung Internasional diperingati setiap tahun pada tanggal 11 Desember sejak tahun 2003. Untuk merayakannya, Warga Desa Traji, Parakan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menerapkan program penghijauan berupa menanam pohon dan menebar benih ikan.

Kepala Desa Traji, Kecamatan Parakan, Tumarno mengatakan penghijauan itu melibatkan para pecinta alam dan Karang Taruna Desa Traji dengan menanam 2.000 pohon pucuk merah dan abasia di Sendang Sidhukun dan Gumuk Guci, dan melakukan penebaran ratusan benih ikan di Sendang Sidhukun.

"Penghijauan dan penebaran benih ikan merupakan salah satu upaya pelestarian alam yang bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau pecinta alam, tetapi semua lapisan masyarakat," ujarnya di Temanggung.

Tumarno berharap, penanaman pohon ini diharapkan agar ke depannya kawasan Desa Traji semakin menghijau sehingga resapan air bisa lebih maksimal.

"Jadi, persediaan air tanah bisa maksimal pada musim kemarau nanti dan kita semua yang merasakan manfaatnya sebagai sumber air minum," imbuhnya.

Dengan dilakukannya penebaran berbagai jenis benih ikan, Tumarno berharap kedepannya berbagai jenis ikan  bisa berkembang biak di Sendang.

"Sehingga nantinya warga tidak usah jauh-jauh untuk mencari ikan, cukup di sekitar sini saja. Apalagi, kawasan Sendang Sidhukun saat ini sedang dirintis sebagai objek wisata sehingga penebaran ikan di lokasi ini akan menambah daya tarik tersendiri," tuturnya.

Ketua Karang Taruna Desa Traji, Ngudiharno menambahkan, kegiatan penghijauan dan penebaran berbagai benih ikan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemuda terhadap kelestarian alam.

"Melalui peringatan Hari Gunung Internasional ini kami ingin mengajak masyarakat, terutama generasi muda untuk terus menggerakkan penghijauan untuk menjaga kelestarian alam ini," katanya. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar