Jakarta, Indonesia | Monday, 21-06-2021

NEWS UPDATE

Kemendag Luncurkan Trade Expo 2019

AL | Senin,25 Mar 2019 - 19:07:43 WIB

Peluncuran gelaran ke-34 TEI 2019 di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (23/3).foto.ist

Jakarta, CityPost - Kementerian Perdaangan (Kemendang) sedang mempersiapkan Trade Expo Indonesia (TEI) 2019, yang dijadwalkan berlangsung 16-20 Oktober 2019 di ICE BSD Tangerang, Banten, sebagai upaya meningkatkan sekaligus memperluas diversifikasi pasar ekspor.

Dirjen Pengembanii Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan Arlinf menjelaskan, selain mempertahankan pasar utama ekspor seperti China, Jepang, Amerika Serikat, Indonesia juga menggaet pasar baru dari negara-negara nontradisional melalui TEI.

"Kami juga mencari negara-negara pasar baru di luar pasar utama, seperti Asia Selatan, Afrika, Timur Tengah, Amerika Latin dan negara-negara Eropa Timur. Tahun ini, kami menginginkan penyelenggaraan Trade Expo menjadi lebih baik," kata Arlinda saat peluncuran gelaran ke-34 TEI 2019 di Kantor Kemendag, Jakarta, Senin (23/3).

Arlinda menjelaskan, TEI bertujuan untuk mempromosikan produk nasional berkualitas yang diproduksi di Indonesia ke pasar global, mengembangkan jejaring bisnis dan investasi, serta memamerkan produk-produk unggulan dan terbaik Indonesia. TEI 2019 yang mengusung tema `Moving Forward to Serve The World` menjadi peluang bagi pebisnis yang ingin mencari pasar potensial bagi ekspor nasional dan investor asing yang berminat mengembangkan usahanyadiIndonesia.<

Pada gelaran tahun lalu, TEI membukukan realisasi transaksi sebesar USD 8,49 miliar atau naik lebih dari lima kali lipat dari yang ditargetkan sebelumnya sebesar USD 1,5 miliar. Transaksi tersebut terdiri atas realisasi investasi sebesar USD 5,5 miliar dan USD 2,99 miliar untuk kategori produk barang, jasa, dan pariwisata. TEI 2018 juga mencatatkan jumlah pengunjung pameran sebanyak 33.333 orang dari 132 negara

"Kami optimistis bahwa hasil TEI 2019 akan berkontribusi signifikan bagi kinerja ekspor Indonesia, baik jangka pendek maupun panjang," ujar Arlinda.

TEI yang merupakan pameran dagang skala internasional terbesar di Indonesia ini menjadi ajang pertemuan antarbisnis (business to business/B2B) terbesar di Indonesia sekaligus one stop business bagi buyer yang mencari produk Indonesia berkualitas tinggi dan berdaya saing. TEl 2019 akan menampilkan produk dan jasa Indonesia pada zona produk potensial dan unggulan nasional, antara lain produk kuliner nusantara, produk lokal unggulan, produk premium dan kreatif, jasa dan produk manufaktur, produk makanan dan minuman, serta furnitur dan produk dekorasi rumah.

Selain melaksanakan pameran dagang, TEI 2019 juga akan menyuguhkan berbagai kegiatan pendukung antara lain Trade, Tourism and Investment (TTI) Forum, penjajakan kesepakatan dagang (bussines matching), Klinik Bisnis, Diskusi Regional, Misi Dagang Mancanegara dan Lokal; kompetisi usaha perintis berorientasi ekspor; dan gelar wicara (talkshow).


(red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar