Jakarta, Indonesia | Monday, 21-06-2021

NEWS UPDATE

Ekonomi Riau Turun, BI Minta Orientasi Diubah Ke Pariwisata

MAR | Senin,25 Mar 2019 - 19:20:35 WIB

Deputi Gubernur BI Sugeng / Foto ist

Jakarta,CityPost -Bank Indonesia meminta pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Riau untuk mengubah orientasi ekonomi daerah tersebut, dari sektor komoditas tambang dan perkebunan ke bidang pariwisata.
 
Deputi Gubernur BI Sugeng mengungkapkan Provinsi Riau sangat membutuhkan dorongan supaya ekonominya berkelanjutan alias sustainable.
 
"Riau itu ekonominya turun terus, sekarang hanya di angka 2,3% saja, kalau dibandingkan daerah lainnya ini masuk level terendah nasional, kalau ini tidak diubah sangatlah rentan, karena kedepan juga prediksinya ekonomi global akan turun terus," kata Sugeng Senin (25/3).
 
Sugeng memaparkan dengan kondisi perekenomian global yang penuh dengan tantangan, maka dihimbau Riau harus segera mencari upaya untuk mengubah orientasi ekonomi dari sumber daya alamnya yaitu komoditas tambang migas dan perkebunan sawit, ke sektor yang berkembang lebih cepat misalnya sektor pariwisata, contohnya Arab Saudi yang berhasil mengubah arah ekonomi dari sebelumnya bergantung pada minyak, ke sektor pariwisata.
 
Apalagi secara nasional saat ini Pemerintah sudah menggenjot pengembangan pariwisata dengan menetapkan 10 Bali baru, dan tentu saja dengan program pengembangan secara berkelanjutan.
 
"Pengembangan pariwisata ini sudah dijalankan, kami percaya analisanya dan ada potensi besar dari pariwisata, dan kami terus memonitor perkembangan itu," lanjut Sugeng.
 
Sekedar diketahui berdasarkan data BPS Riau, ekonomi Riau pada tahun 2018 tumbuh sebesar 2,34% atau lebih rendah dari 2017 yang mencapai 2,71%.(MAR/CityPost)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar