Jakarta, Indonesia | Wednesday, 28-10-2020

NEWS UPDATE

Mahfud Bilang Daurat Sipil Dalam Posisi Siap Diberlakukan

Pus | Rabu,01 Apr 2020 - 23:56:17 WIB

Menkopolhukam Mahfud MD/fotoist SSV youtube Kompas TV

Jakarta, CityPost – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD menyatakan bahwa Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) terkait Darurat Sipil saat ini dalam posisi siap digunakan jika memang keandaan pada masa pandemi corona semakin memburuk.

“Undang-undang itu sudah stanby tapi hanya diberlakukan nanti kalau diperlukan, kalau keadaan ini menghendaki darurat sipil, baru itu diberlakukan,” tegas Mahfud MD melalui video conference pada Rabu (1/4) hari ini.

Kendati demikian, kata Mahfud tidak menutup kemungkinan pemerintah memberlakukan Darurat Sipil, namun saat ini belum akan digunakan Perppu Nomor 23 Tahun 1959 tersebut. Memang dalam Perppu itu dijelaskan tentang status darurat sipil dan langkah yang bisa diambil negara jika keadaan darurat berlaku.

“Sekarang itu tidak, tidak untuk menghadapi Covid19 kecuali perkembangan keadaan menjadi lebih sangat buruk dan menghendaki itu. Baru itu nanti dihidupkan, digunakan karena memang Undang-Undang itu sudah hidup sejak tahun 59 sampai sekarang,” ujarnya.

Diketahui, saat ini Presiden Joko Widodo tengah memebrlakukan status keadaan Darurat Kesehatan dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang masuk dalam PP Nomor 21 Tahun 2020 tentang aturan dan kebijakan tersebut. (Pus/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar