Jakarta, Indonesia | Wednesday, 28-10-2020

NEWS UPDATE

Antisipasi Potensi Anarkis Diera Pandemi TNI Siapkan Pasukan

Chan | Rabu,29 Apr 2020 - 20:52:39 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist

Jakarta, CityPost – Potensi terjadinya gejolak ditengah sosial komunal masyarakat pada masa pandemi corona sekarang ini telah menjadi perhatian Tentara Nasional Indonesia TNI). Untuk mengantisipasi munculnya tindakan anarkisme dalam gejolak sosial ditengah pandemi corona, militer Indonesia telah menyiapkan pasukan.

Informasi itu disampaikan oleh Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayor Jenderal Sisriadi di Jakarta pada Selasa (28/4) lalu.

“TNI selalu berfikiran yang terburuk yang harus disiapkan terutama dalam kondisi krisis seperti sekarang ini,” tegas Sisriadi.

Sisriadi menilai, pihaknya telah melihat adanya perlambatan kurva perkembangan kasus Corona di Indonesia tetapi belum meyakini adanya terjadi penurunan dalam jangka pendek dan kemungkinan terburuk masih bisa terjadi.

“Masih harus siapkan kondisi terburuk yang bisa terjadi,” ungkapnya.

Sisriadi menjelaskan, sementara ini TNI sudah melakukan persiapan seperti 109 rumah sakit TNI dari matra Darat, Laut dan udara. Meningkatkan kesehatan prajurit dan mengajukan penambahan anggaran TNI serta Kementerian Pertahanan sesuai persetujuan pihak DPR. Sedangkan kemungkinan terburuk selain masalah kesehatan juga masalah ekonomi.

“ketika masalah ekonomi yang menyentuh masyarakat pada akar rumput, ini berkaitan erat dengan masalah perut. Ketika masalah perut, maka bisa menjadi penyulut masalah keamanan yang lebih besar,” tegasnya.

Untuk mengantisipasi masalah itu, Sisriadi mengatakan pihak TNI sudah membuat rencana pengamanan ditengah merebaknya pandemi corona.

“Kami juga menyiapkan pasukan untuk menghadapi gejolak sosial yang mungkin bisa berdampak kearah anarkisme. Sehingga dampak keamanan bisa diperkecil ketika lebih siap lebih awal,” pungkasnya. (Chan/ist)

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar