Jakarta, Indonesia | Wednesday, 28-10-2020

NEWS UPDATE

Nadiem Tentukan 4 Syarat Jika Sekolah Ingin Dibuka Kembali

Pus | Senin,15 Jun 2020 - 08:49:40 WIB

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim/foto ist SSV youtube Tonight Show Net

Jakarta, CityPost – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyampaikan bahwa saat ini pemerintah sudah mulai mengizinkan pembukaan  pembelajaran melalui tatap muka di sekolah. Kendati demikian, harus ada syarat-syarat yang ketat jika lembaga pendidikan ingin membuka aktivitas tersebut.

Nadiem mengatakan ada empat syarat yang harus dipenuhi agar sekolah bisa dibuka kembali. Syarat pertama sekolah yang berada dizona hijau dan bebas penyebaran virus corona.

“Untuk zona merah, kuning dan oranye, ini ada 94 persen peserta didik dipendidikan dini, dasar dan menengah. Untuk zona hijau ada enam persen. Nah untuk zona hijau kami memperbolehkan pemda untuk melakukan pembelajaran tatap muka tetapi dengan protokol sangat ketat,” jelasnya pada Senin (15/6).

Sementara, kata Nadiem, syarat itu harus ada dalam surat keputusan bersama antar tiga kementerian. Tahun ajaran baru tetap berlangsung pada Juli mendatang, mesti mengikuti zonasi Covid-19 yang dikeluarkan Gugus Tugas dari pemerintah.

Kendati demikian dijelaskan juga oleh Nadiem bahwa, nantinya pemerintah berhak menutup kembali kegiatan belajar mengajar jika resiko atau ditemukannya peningkatan kasus positif Covid-19. Selain itu, untuk membuka sekolah, pemerintah daerah memberikan izin dan satuan pendidikan harus memenuhi check list yang disyaratkan untuk keperluan tatap muka.

“Satu lagi, ada persetujuan dari orang tua. Jika kegiatan tatap muka dimulai, sementara orangtua belum setuju anaknya bersekolah, dia bisa belajar dari rumah,” ujar Nadiem. (Pus/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar