Jakarta, Indonesia | Saturday, 31-10-2020

NEWS UPDATE

Tingginya Penularan TBC Jadi Perhatian Serius Jokowi

Pus | Rabu,22 Jul 2020 - 10:01:44 WIB

Presiden Joko Widodo/foto ist SSV youtube Sekretariat Presiden

Jakarta, CityPost – Presiden Joko Widodo saat ini tengah memberikan perhatian serius terhadap penyakit tuberkulosis (TBC) yang tingkat penularannya tinggi di Indonesia. Bahkan Indonesia saat ini menjadi negara urutan ketiga didunia dengan penyakit TBC setelah India dan China.

Jokowi menegaskan kepada semua jajarannya untuk mengurasi penyakit tersebut karena merupakan 10 penyakit menular yang juga menyerang paru-paru.

“Perlu kembali saya ingatkan bahwa Indonesia masuk ke ranking yang ketiga kasus penderita TBC tertinggi didunia setelah India dan China.Bahkan menurut catatan sebanyak 98 ribu orang meninggal disebabkan penyakit tersebut,” ujarnya pada rapat terbatas di Istana Merdeka Jakarta pada Selasa (21/7) lalu.

Menurut Jokowi saat ini ada 75 persen pasien TBC yang berasal dari kelompok produktif, artinya ada diusia produktif antara 15-55 tahun dan ini yang harus diwaspadai.

“Kita harus tahu ada 845 (ribu) penduduk penderita TBC dan yang ternotifikasi baru 562 ribu. Sehingga yang belum terlaporkan masih kurang lebih 33 persen, ini hati-hati,” tukasnya.

Presiden saat ini meminta semua jajaran ikut memberikan perhatian kepada TBC selain Covid-19. Dia juga mengatakan pemerintah bisa menyelesaikan dua hal yang penting bagi kesehatan rakyat. Selain itu diyakini penyelesaian akan cepat dilakukan. (Pus/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar