Jakarta, Indonesia | Tuesday, 27-10-2020

NEWS UPDATE

Tegas! Jaksa Desak Hakim Tolak SV Djoko Tjandra

Chan | Senin,27 Jul 2020 - 23:04:06 WIB

Buronan Kejaksaan kasus Bank Bali Djoko Tjandra/foto ist via suara pemred

Jakarta, CityPost – Pihak Kejaksaan saat ini tengah mendesak dan meminta Majelis Hakim untuk menolak Sidang Virtual (SV-red) sidang Peninjauan Kembali (PK) buronan Djoko Tjandra yang hingga kini masih diburu aparat penegak hukum, khususnya pihak Kejaksaan.

Hal itu disampaikan oleh Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Senin (27/7) hari ini.

Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus, Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Ridwan Ismawanta mengatakan, pada sidang lanjutan PK dengan agenda penyampaian pendapat Jaksa untuk sidang sebelumnya, pihak buronan kasus cessie Bank Bali meminta sidang PK digelar secara virtual. Sedangkan Djok Tjandra sudah tiga kali mangkir dan tidak menghadiri sidang.

“Menolak untuk dilakukan persidangan PK secara daring, atau teleconference sebagaimana tertuang dalam Surat Permohonan Djoko S Tjandra yang dibacakan oleh kuasa hukum Djoko S Tjandra pada persidangan tanggal 17 Juli 2020,” ungkap Ridwan.

Tim Jaksa menilai, permintaan Djoko agar Hakim melaksanakan sidang virtual telah merendahkan martabat hukum. Atas dasar itulah Hakim harus menolak permintaan Djoko. Selain itu, Jaksa juga meragukan surat keterangan sakit dan permohonan sidang online yang dibuat sendiri oleh Djoko karena keduanya tidak memiliki derajat hukum yang meyakinkan.

“Dengan demikian kami berpendapat, pemeriksaan sidang PK tidak dapat dilaksanakan secara online dan sudah sepantasnya majelis hakim tidak dapat diterima, permohonan Djoko Tjandra dan berkas perkara tidak dilanjutkan ke MA,” tegas Ridwan. (Chan/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar