Jakarta, Indonesia | Wednesday, 28-10-2020

NEWS UPDATE

Keren! Bakamla Berhasil Tangkap Kapal Asing Di Natuna

Chan | Senin,27 Jul 2020 - 15:11:36 WIB

KIA Vietnam berhasil dilumpuhkan personel KN Pulau Dana 323 Bakamla RI/foto ist via samudranesia

Jakarta, CityPost – Badan Keamanan Laut (Bakamla-red) Indonesia tengah berhasil menangkap dan menggiring kapal penangkap ikan asal Vietnam yang berada diperairan Natuna wilayah teritorial Indonesia. Penangkapan dilakukan saat kapal tersebut melakukan aksi pencurian ikan.

Komandan KN Pulau Dana-323 Letkol Bakamla Hananto Widhi mengatakan saat itu mereka melihat kontak sebuah KIA Vietnam di Natuna, kemudian saat Bakamlah membuka komunikasi tetapi mereka tidak merespon. Akhirnya KN Pulau Dana-323 mendekati kapal ikan tersebut dan berkomunikasi melalui isyarat semaphore.

Setelah itu, saat pemeriksaan akan dilakukan, KIA Vietnam mencoba melarikan diri dengan menambah kecepatan kapal mereka dari 2 knot menjadi 8 knot dan terus menjauhi KN Pulau Dana-323. Mereka juga membuang jaring hitam dan mencoba menghilangkan barang bukti.

KIA Vietnam tidak menggubris peringatan dan terus berupaya kabut. Mereka juga membakar ban diburitan hingga kepulan asap hitam membumbung keangkasa. Kendati demikian, mereka terus berupaya kabur dan mencari cara menjauh dari petugas dengan bermanuver zig-zag hingga membahayakan kapal niaga asing yang melintas diseputaran Alur Lintas Kepulauan Indonesia (ALKI).

Usai aksi melarikan diri yang dilakukan Kia Vietnam membahayakan kapal asing dan KN Pulau Dana 323, petugas Bakamla akhirnya memberikan tembakan peringatan keudara. Tidak juga digubris oleh mereka petugas akhirnya menembak lambung kapal mereka dan akhirnya mereka mau mengurangi kecepatan kapalnya.

“Pada akhirnya, KIA mengurangi kecepatan dan TIM VBSS berhasil merapat dilambung kiri KIA. Selanjutnya Tim VBSS melakukan pengamanan dengan mengumpulkan semua Anak Buah Kapal (ABK) dihaluan kapal. Prosedur pengamanan tidak hanya dilakukan terhadap ABK, namun juga diseluruh bagian KIA,” ungkap Hananto.

Diketahui, KIA Vietnam sebelumnya berusaha menabrakkan kapal mereka ke kapal niaga asing dan KN Pulau Dana 323. Atas dasar ketidak kooperatifan mereka itulah akhirnya petugas memberikan tembakan peringatan dan tindakan tegas.

“Melihat hal tersebut, KIA tidak kooperatif dan tetap melakukan manuver berbahaya berkali-kali, hingga pada akhirnya mencoba menabrakkan diri ke KN Pulau Dana 323,” ujar Hananto melalui keterangan pers pada Senin (27/7).

Hananto mengatakan saat ini pihaknya berhasil membawa KIA Vietnam dan semua awak kapal dengan pengawalan personel KN Pulau Dana 323 menuju Selat Lampa Natuna untuk diproses hukum lebih lanjut. (Chan/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar