Jakarta, Indonesia | Wednesday, 28-10-2020

NEWS UPDATE

Menaker Minta TKA China Terapkan Protokol Kesehatan

Pus | Senin,27 Jul 2020 - 15:13:13 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist SSV youtube Poin

Jakarta, CityPost – Keberadaan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China yang tengah menggarap proyek kereta cepat Jakarta-Bandung melalui perusahaan PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) saat ini tengah menjadi perhatian Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Saat mengunjungi proyek kereta cepat itu, Ida mengatakan dia ingin memastikan dan melihat langsung para TKA China apakah sesuai dengan rencana penggunaan tenaga kerja asing (RPTKA) oleh perusahaan KCIC atau tidak.

“Pagi ini saya melihat langsung proyek strategis nasional (PSN) yaitu proyek kereta cepat yang dimulai dari Jakarta-Bandung, dikelola oleh KCIC. Kedatangan saya pertama ingin memastikan bahwa pemberian izin tenaga kerja asing sesuai dengan RPTKA yang diajukan ke Kementerian Ketenagakerjaan,” ungkap Ida di Jakarta pada Senin (27/7).

Selain itu, kata Ida. Pihaknya juga ingin memastikan bahwa pata TKA China menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan seluruh pekerjaannya.

“Yang kedua, karena ini teknologi tingkat tinggi maka ingin memastikan keselamatan kerja (K3) bagi para pekerja disini. Juga ingin memastikan apakah para TKA China menyalurkan keahlian (transfer of knowledge) kepada para tenaga kerja Indonesia,” ujarnya.

Disebutkan, kabarnya KCIC juga berencana membuka peluang penyaluran ilmu teknologi dengan melibatkan perguruan tinggi yang semua itu tidak hanya diberikan kepada tenaga kerja yang sekarang mengerjakan proyek tersebut. (Pus/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar