Jakarta, Indonesia | Tuesday, 27-10-2020

NEWS UPDATE

Erdogan Berhasil Temukan Ladang Gas Terbesar Dilaut Hitam

And | Senin,24 Agus 2020 - 15:42:34 WIB

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan./Foto ist SSV youtube TRT World

CityPost – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tengah mengumumkan bahwa pihaknya berhasil menemukan ladang gas alam terbesar di Laut Hitam yang mampu menghasilkan 320 miliar meter kubik (11,3 triliun kaki kubik) dan bisa untuk mencukupi kebutuhan banyak orang.

Disebutkan, Turki akan segera menyediakan pasokan tersebut paling cepat pada tahun 2023 mendatang. Bahkan ada lebih banyak lagi yang bisa ditemukan jika memang ketersediaan bisa cepat dilakukan.

Erdogan menilai, jika gas alam bisa diekstraksi secara komersial, nantinya penemuan itu bisa membantu Turki mengurangi ketergantungan pada impor dari negara-negara pemilik gas alam seperti Rusia, Iran dan Azerbaijan agar kebutuhan energinya tercukupi.

“Turki telah menyadari penemuan gas alam terbesar dalam sejarahnya di Laut Hitam dan berupaya akan menjadi eksportir energi netto,’ ujar Erdogan.

Seperti yang dilansir melalui laporan Al Jazeera disebutkan bahwa atas temuan tersebut, saat ini Kapal bot Fatih milik Turki sudah mulai bekerja sejak akhir bulan lalu dizona Tuna-1, sekitar 100 mil laut diutara pentai Turki di Laut Hitam.

Erdogan mengatakan semua tes dan pekerjaan rekayasan sudah selesai dilakukan dan cadangan yang ditemukan sesungguhnya merupakan sumber dari yang jauh lebih besar.

“Cadangan ini sebenarnya bagian dari sumber yang jauh lebih besar, Insya Allah akan lebih banyak lagi yang datang. Sebagai negara yang bertahun-tahun bergantung pada gas luar, kita melihat kedepan dengan keamanan yang lebih sekarang. Tidak akan ada henti sampai kita menjadi eksportir netto energi,” pungkasnya. (And/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar