Jakarta, Indonesia | Tuesday, 27-10-2020

NEWS UPDATE

Aktivis Thailand Dibui Usai Dituduh Provokasi Pemberontakan

And | Senin,24 Agus 2020 - 17:19:47 WIB

Aksi demonstrasi Thailand/foto ist SSV youtube CNA

CityPost – Seorang aktivis sosial yang notabene merupakan penyanyi rap asal Thailand saat ini ditangkap oleh Kepolisian setempat usai dituding melakukan hasut alias provokasi untuk sebuah pemberontakan. Ada sebanyak tujuh aktivis prodemokrasi yang ditangkap sebagai upaya pemerintah merdam gejolak demonstrasi yang terus berkembang.

Rapper Thailand yang bernama Dechathorn Bamrungmuang, disebutkan proses penangkapan dirinya juga sudah diunggah melalui laman facebook pada Kamis (20/8) lalu. Kelompok itu menamakan diri mereka sebagai Rap Against Dictatorship.

Seperti yang dilansir Voice of America dilaporkan bahwa Dechathorn dan keenam aktivis prodemokrasi ditangkap dengan tuduhan melakukan hasutan kepada massa agar melakukan pemberontakan dengan menuntut Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha untuk mundur dari jabatannya dan membubarkan pemerintahan. Massa menuding Prayuth yang merupakan mantan jenderal dituding melakukan korupsi dan tidak kompeten memimpin negara.

Diketahui sebelumnya. Prayuth berhasil memimpin Thailand usai merebut kekuasaan dari penguasa sebelumnya melalui proses kudeta militer pada 2014 silam. Usai menjabat perdana menteri, Prayuth terus mempertahankan kekuasaannya melalui proses pemilu 2019 yang juga dituding sarat akan kecurangan.

Belakangan, rakyat Thailand yang sudah jengah dengan sikap pemerintah, akhirnya melakukan aksi protes dan unjuk rasa dengan melayangkan tiga tuntutan, menggelar pemilu baru, mengubah konstitusi yang diberlakukan militer dan meminta diakhirinya intimidasi terhadap para pengkritik pemerintah. Bahkan para demonstran juga menuntut dilakukannya reformasi Kerajaan Thailand. (And/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar